Terminal 1 Bandara Soetta Beroperasi Lagi Mulai 1 April 2022

CNN Indonesia
Kamis, 31 Mar 2022 16:03 WIB
AP II akan beroperasi kembali pada Jumat (1/4) nanti, setelah nonaktif sejak pandemi lantaran berkurangnya frekuensi terbang. AP II akan beroperasi kembali pada Jumat (1/4) nanti, setelah nonaktif sejak pandemi lantaran berkurangnya frekuensi terbang. (ANTARA FOTO/Fauzan).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mengumumkan bahwa Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) akan mulai beroperasi kembali pada Jumat (1/4) nanti. Terminal 1 sempat dinonaktifkan sejak pandemi lantaran berkurangnya frekuensi penerbangan maupun penumpang.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa terminal tersebut kembali dibuka dengan menyesuaikan kondisi dan perkembangan saat ini.

"AP II memastikan seluruh bandara yang dikelola, termasuk Bandara Soekarno-Hatta, untuk dapat beroperasi tangguh dan cepat beradaptasi dengan dinamisnya situasi dan kondisi di tengah pandemi covid-19," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (31/3).


Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta akan melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang untuk rute domestik. Maskapai yang akan beroperasi secara bertahap, yakni Airfast, Super Air Jet, Sriwijaya Air Group, dan AirAsia Indonesia.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan pihaknya akan memastikan protokol kesehatan dengan baik guna menjaga penerbangan dengan aman dan sehat.

"Mulai 1 April 2022, Terminal 1 kembali melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat. Saat ini, AP II dan stakeholder tengah melakukan berbagai persiapan teknis guna memastikan pengaktifan dapat berjalan lancar dengan terpenuhinya aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan," katanya.

Saat ini, Bandara Internasional Soekarno Hatta telah menampung pergerakan penumpang hingga 100 ribu orang per hari. Sebelum pandemi, pihaknya mengaku bandara tersebut pernah menyentuh 200 ribu orang per hari.

Agus menuturkan bahwa pengaktifan kembali Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta juga digunakan untuk mendukung kelancaran arus mudik angkutan Lebaran 2022.

"Periode Angkutan Lebaran 2022, baik itu arus mudik dan arus balik adalah menjadi periode yang harus diperhatikan. Pengaktifan Terminal 1 ini untuk mengakomodir dan memastikan kelancaran Angkutan Lebaran dalam," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(fry/bir)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER