H-7 Lebaran, Harga Bawang Merah Tembus Rp50 Ribu per Kg

CNN Indonesia
Selasa, 26 Apr 2022 13:03 WIB
Harga bahan pangan di sejumlah pasar di Jakarta naik pada H-7 Lebaran. Mulai dari daging sapi, bawang merah, bawang putih, hingga kerupuk. Harga bahan pangan di sejumlah pasar di Jakarta naik pada H-7 Lebaran. Mulai dari daging sapi, bawang merah, bawang putih, hingga kerupuk. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Harga pangan di sejumlah pasar di Jakarta naik pada H-7 Lebaran. Mulai dari daging sapi, bawang merah, bawang putih, hingga kerupuk.

Harga daging sapi dibanderol Rp150 ribu per kilogram (kg) di Pasar Warung Buncit, Jakarta Selatan pada hari ini, Selasa (26/4). Sebelumnya daging sapi dijual seharga Rp140 ribu per kg.

Fajar (35), penjual daging di pasar tersebut mengatakan kenaikan harga terjadi sejak awal Ramadan. "Masuk puasa naik, memang setiap tahun begitu," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.


Meski demikian, ia mengaku penjualan masih ramai. Pelanggan tetap membeli daging sapi walaupun harganya naik karena mereka membutuhkan stok daging untuk hari raya.

Ia memprediksi penjualan daging sapi bakal lebih ramai lagi pada H-3 Lebaran. Saat itu, harga daging sapi pun bisa naik lagi.

Selain daging sapi, harga bawang merah pun naik. Dari yang sebelumnya Rp36 ribu per kg menjadi Rp50 ribu per kg. Begitu juga bawang putih dari yang sebelumnya Rp40 ribu menjadi Rp45 ribu per kg.

Kenaikan harga juga terjadi pada kerupuk bawang dan kerupuk udang. Kerupuk bawang naik dari Rp18 ribu menjadi Rp20 ribu per kg. Sedangkan kerupuk udang naik dari Rp32 ribu menjadi Rp35 ribu per kg.

Selanjutnya, harga daging ayam juga mengalami kenaikan dari yang sebelumnya Rp30 ribu-Rp35 ribu per ekor, naik menjadi Rp40 ribu sampai Rp45 ribu per ekor.

Siwoyo (40), penjual daging ayam mengatakan kenaikan terjadi sejak awal Ramadan. Sebetulnya, harga sempat turun, namun kembali merangkak naik menjelang Idul Fitri.

"Sudah biasa harga naik turun. Pasokan masih lancar Alhamdulillah," terang dia.

Harga telur juga naik dari Rp24 ribu menjadi Rp26 ribu per kg. Sedangkan, harga cabai rawit merah naik dari Rp30 ribu menjadi Rp40 ribu per kg.

Sementara itu, harga cabai merah keriting naik menjadi Rp50 ribu per kg dari sebelumnya Rp40 ribu. Bahkan, harga cabai merah melambung hingga Rp70 ribu dari sebelumnya Rp50 ribu per kg.

Harga gula putih juga terpantau naik. Dari yang sebelumnya Rp14 ribu menjadi Rp15 ribu per kg.

Di Pasar Inpres Pasar Minggu, Jakarta Selatan, daging sapi dijual seharga Rp150 ribu per kg. Harga tersebut naik dari yang sebelumnya Rp140 ribu per kg.

Harga daging ayam juga naik dari Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per ekor menjadi Rp45 ribu hingga Rp55 ribu per ekor, tergantung ukuran.

Telur ayam juga naik dari Rp25 ribu menjadi Rp26 ribu per kg. Bawang merah naik dari Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu per kg. Sementara itu bawang putih naik dari Rp45 ribu menjadi Rp50 ribu per kg.

Selanjutnya, cabai rawit merah juga naik dari Rp25 ribu menjadi Rp35 ribu per kg. Cabai merah keriting naik dari Rp45 ribu menjadi Rp50 ribu per kg.

Harga cabai merah juga naik dari Rp50 ribu menjadi Rp80 ribu per kg. Sementara harga cabai hijau masih stagnan di Rp20 ribu per kg.

Kemudian, harga tepung terigu juga naik. Untuk kemasan ekonomi naik dari Rp10 ribu menjadi Rp11 ribu per kg. Sementara untuk kemasan premium naik dari Rp12 ribu menjadi Rp13 ribu per kg. Gula putih kemasan premium juga naik dari Rp15 ribu menjadi Rp16 ribu per kg.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER