Kilang Minyak di Irak Meledak Diserang Rudal

CNN Indonesia
Senin, 02 Mei 2022 11:03 WIB
Kilang minyak di kota Erbil, utara Irak, meledak terkena serangan rudal pada Minggu (1/5). Kilang minyak di kota Erbil, utara Irak, meledak terkena serangan rudal pada Minggu (1/5). Ilustrasi. (AP/Hassan Ammar).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kilang minyak di kota Erbil, utara Irak, meledak terkena serangan rudal pada Minggu (1/5).

Pasukan keamanan Irak dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters, Senin (2/5), menyebut salah satu tank utama kilang terbakar.

Saat ini, kebakaran tanki tersebut sudah dapat terkontrol. Pasukan keamanan menyatakan rudal juga mendarat di pagar luar kilang tanpa menimbulkan korban.


Sebelumnya, otoritas anti-terorisme di wilayah Kurdistan mengatakan enam rudal mendarat di dekat kilang KAR di Erbil. Rudal diduga diluncurkan dari provinsi Nineveh.

Pasukan keamanan mengatakan mereka menemukan landasan peluncuran dan empat rudal di dataran Niniwe.

Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi mengatakan angkatan bersenjata akan mengejar otak dari serangan yang disebut 'pengecut'.

Sebelumnya, tiga rudal juga jatuh di dekat kilang pada 6 April lalu, tanpa menimbulkan korban.

Sumber di pemerintah daerah Kurdistan mengatakan kepada Reuters bahwa kilang tersebut milik pengusaha Kurdi Irak Baz Karim Barzanji, CEO perusahaan energi domestik utama Grup KAR.

Pada Maret, Iran menyerang Erbil dengan selusin rudal balistik di ibu kota wilayah otonomi Kurdi Irak yang tampaknya menargetkan Amerika Serikat dan sekutunya. Hanya satu orang yang terluka dalam serangan itu.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER