Penangkapan Pria Bermarga Ma Bikin Saham Alibaba Anjlok

tim | CNN Indonesia
Kamis, 05 Mei 2022 08:30 WIB
Penangkapan pria bermarga Ma sempat membuat nilai saham Alibaba, perusahaan milik Jack Ma, anjlok sebesar 9,4 persen. Penangkapan pria bermarga Ma sempat membuat nilai saham Alibaba, perusahaan milik Jack Ma, anjlok sebesar 9,4 persen. (AFP/ANTHONY WALLACE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penangkapan pria bermarga Ma membuat nilai saham Alibaba, perusahaan milik Jack Ma, anjlok sebesar 9,4 persen. Namun kemudian saham kembali pulih sebab pria tersebut dipastikan bukan Jack Ma.

Sebuah laporan CCTV menyatakan ada seorang pria bermarga Ma ditangkap karena tindakan kriminal di kota timur Hangzhou, kota markas Alibaba. Dia memang sudah diincar kepolisian Hangzhou sejak pekan lalu.

Orang ini diduga menghasut subversi kekuasaan negara lewat internet dan melakukan aktivitas lain yang membahayakan keamanan nasional.

Penangkapan pria bermarga Ma ini jelas memicu spekulasi publik bahwa dia adalah Jack Ma yang selama ini menghilang bak ditelan bumi.

Dalam laporan, diduga nama depan pria ini dan Jack Ma memiliki salah satu elemen yang sama yakni karakter 'Yun'.

Setelah laporan ini rilis, saham Alibaba terjun bebas dan emiten ini kehilangan kapitalisasi pasarnya hingga US$26 miliar atau setara dengan Rp374,4 triliun (kurs Rp14.400 per dolar AS).

Akan tetapi, laporan ini segera dikoreksi sebab meski sama-sama bermarga Ma, penulisan marga si pria dan Jack Ma berbeda. Penulisan 'Ma' pada nama si pria memiliki dua karakter.

Sementara itu, tabloid nasionalis Global Times melaporkan bahwa pria yang ditangkap ini adalah direktur departemen penelitian dan pengembangan perangkat keras dari sebuah perusahaan IT. Ma disebut telah dicuci otak oleh pasukan anti-China dari luar.

Sebelumnya, Jack Ma seperti hilang dari peredaran sejak Pemerintah China menghentikan rencana IPO raksasa fintech Ant Group senilai US$35 miliar.

Ma pun baru terlihat lagi pada Oktober 2021. Saat ini dia disebut menghadiri pertemuan bisnis di Hong Kong dan melakukan tur Eropa.

[Gambas:Video CNN]



(els/agn)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER