Inflasi AS 8,3 Persen per April, Masih Tertinggi dalam Empat Dekade

CNN Indonesia
Kamis, 12 Mei 2022 08:22 WIB
Inflasi Amerika Serikat (AS) melorot ke level 8,3 persen pada April 2022. Namun, angkanya masih di level tertinggi selama empat dekade terakhir. Inflasi Amerika Serikat (AS) melorot ke level 8,3 persen pada April 2022. Namun, angkanya masih di level tertinggi selama empat dekade terakhir. (Dschwen).
Jakarta, CNN Indonesia --

Inflasi Amerika Serikat (AS) melorot ke level 8,3 persen pada April 2022. Namun, angkanya masih di level tertinggi selama empat dekade terakhir.

Dilansir dari CNN Business, Kamis (12/5), Biro Statistik dan Tenaga Kerja AS indeks harga konsumen (IHK) naik 8,3 persen pada April dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (yoy). Angka tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya, yakni 8,5 persen.

IHK yang tidak termasuk makanan dan energi, meningkat 6,2 secara yoy. Angka ini juga turun jika dibandingkan bulan lalu, yakni 6,5 persen.


Adapun kontributor penyumbang inflasi AS di antaranya adalah harga makanan, tempat tinggal, tiket pesawat, dan harga kendaraan.

Harga makanan naik 0,9 persen. Sementara, biaya tempat tinggal naik 0,5 persen, secara tahunan biaya hunian naik 5,1 persen.

Sedangkan harga tiket pesawat naik 33,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan ini merupakan yang tertinggi sejak Desember 1980 silam. "Inflasi tidak lagi tertahan di rantai pasokan," kata kepala ekonom Jefferies Aneta Markowska.

Ia mengatakan harga-harga di sektor jasa juga melonjak. Sebab, masyarakat AS kembali beraktivitas normal setelah pandemi, termasuk untuk kegiatan rekreasi.

Menurutnya, kenaikan harga jasa dapat membuat tingkat inflasi AS bertahan cukup lama alias susah turun.

Inflasi AS memang turun dibanding bulan lalu. Namun, potensi kenaikan harga tetap ada selama tahun ini.

Perang di Ukraina telah menekan harga energi dan pangan. Sementara itu, lockdown di China berpotensi memperburuk masalah rantai pasokan yang telah diperjuangkan dunia selama setahun terakhir.

Artinya, tidak pasti seberapa besar laju inflasi dapat melambat sampai hal-hal ini diselesaikan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER