Harga Daun Jeruk Mahal, Pedagang Ogah Simpan Stok

fby | CNN Indonesia
Jumat, 13 Mei 2022 08:35 WIB
Sejumlah pedagang tak mau menyetok daun jeruk karena harganya meningkat signifikan. Sejumlah pedagang tak mau menyetok daun jeruk karena harganya meningkat signifikan. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pedagang pasar mengaku enggan menyetok daun jeruk lantaran harganya melonjak dalam beberapa waktu terakhir. 

Sri, salah satu pedagang di Pasar Warung Buncit mengatakan daun jeruk yang disimpan terlalu lama akan membuat daun mudah busuk.

"Orang cuma beli seribu seribu, kami nggak bisa balik modal. Kalau menyetok daun jeruk bisa busuk, nggak kuat, sehari saja sudah busuk," ujar Sri, Kamis (12/5).


Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di Pasar Warung Buncit, Jakarta Selatan harga daun jeruk yang pada kondisi normal hanya berkisar Rp20 ribu-Rp40 ribu per kg, naik jadi Rp80 ribu per kg.

Harga daun yang biasa digunakan untuk penyedap masakan itu naik jelang Lebaran 2022. Saat itu, harganya sempat tembus Rp100 per kg saat lebaran.

"Waktu itu pas lebaran Rp100 (ribu). Ini sudah turun sedikit demi sedikit," ujar Sri.

Hal yang sama juga disampaikan Karyo, pedagang di pasar yang sama. Saat ini, ia menjual harga daun jeruk seharga Rp80 ribu per kg.

Padahal sebelumnya, harga daun jeruk hanya Rp40 ribu per kg. Ia mengatakan sampai sekarang jumlah pembeli daun jeruk sebenarnya masih banyak, tapi jumlah pembelian hanya sedikit.

"Banyak (pembeli), tetapi belinya nggak banyak-banyak, paling Rp2.000, Rp5.000," ujar Karyo.

[Gambas:Video CNN]

(fby/aud)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER