Aliran Gas Rusia ke Eropa Menurun

dzu | CNN Indonesia
Jumat, 13 Mei 2022 09:51 WIB
Pengiriman gas dari Rusia ke salah satu negara Eropa, khususnya Slovakia mulai berkurang seiring ditutupnya rute transit utama. Pengiriman gas dari Rusia ke salah satu negara Eropa, khususnya Slovakia mulai berkurang. Ilustrasi. (AFP/Nikolay Doychinov).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengiriman gas Rusia ke salah satu negara Eropa, Slovakia melalui Ukraina menurun seiring dengan ditutupnya rute transit utama.

Mengutip Reuters, Kamis (12/5), data dari operator Slovakia TSO Eustream menunjukkan permintaan melalui titik perbatasan Velke Kapusany di Slovakia turun dari 856.922 megawatt jam (MWh) menjadi 512.056 MWh per hari.

Operator sistem transit gas Ukraina GTSOU mengatakan perusahaan gas negara Rusia Gazprom memesan 53,19 juta meter kubik (mcm) kapasitas transit melalui titik masuk Sudzha, turun dari arus transit 73,4 mcm per hari pada Rabu kemarin.


Sementara itu, Rusia belum lama ini memberlakukan sanksi terhadap pemilik pipa Yamal di Polandia yang membawa gas Rusia ke Eropa, serta anak usaha dari Gazprom Germania yang melayani konsumsi gas Eropa.

Menurut data dari operator pipa Gascade, aliran keluar ke Polandia di titik perbatasan Mallnow di perbatasan Jerman mencapai 9,7 juta kilowatt jam per jam (kWh/h) pada Kamis pagi, turun dari sekitar 10,4 juta kWh per jam pada hari sebelumnya.

Sementara, aliran gas Rusia ke Jerman melalui pipa Nord Stream 1 melintasi Laut Baltik stabil dari hari ke hari, yakni 73,2 kWh per jam.

[Gambas:Video CNN]

(dzu/aud)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER