Jokowi Bakal Bangun Jaringan Minyak dan Gas di Ibu Kota Baru

CNN Indonesia
Jumat, 13 Mei 2022 13:23 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membangun jaringan minyak dan gas bumi (migas) di wilayah ibu kota baru (IKN Nusantara). Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membangun jaringan minyak dan gas bumi (migas) di wilayah ibu kota baru (IKN Nusantara). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membangun jaringan minyak dan gas bumi (migas) di wilayah ibu kota baru (IKN Nusantara).

Jaringan itu akan menyalurkan migas dari fasilitas produksi-kilang pengolahan, termasuk jaringan pipa minyak dan gas bumi bawah laut yang terletak di lima area.

Berdasarkan Perpres Nomor 64 Tahun 2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional IKN Nusantara Tahun 2022-2042, dikutip Jumat (13/5), lima area tersebut adalah WP Kuala Samboja, WP Muara Jawa.


Termasuk juga kawasan penyangga lingkungan dan ketahanan pangan di KPIKN, koridor Kutai Kartanegara-Offshore ENI Muara Bakau, koridor Pertamina Hulu-Mahakam, koridor Pertamina Hulu-Kalimantan Timur, dan ruas pipa gas Senipah-Balikpapan.

Dalam pasal 52 ayat 3, pembangunan jaringan minyak dan gas bumi ini merupakan bagian dari jaringan infrastruktur migas. Selain jaringan migas, juga akan meliputi infrastruktur migas.

Jaringan infrastruktur minyak dan gas bumi merupakan bagian dari sistem jaringan energi.

Dalam pasal 52 ayat 1, sistem jaringan energi ditetapkan dalam rangka memenuhi kebutuhan energi dalam jumlah cukup dan menyediakan akses berbagai jenis energi bagi masyarakat untuk kebutuhan sekarang dan masa datang.

Selain jaringan infrastruktur migas, sistem jaringan energi juga meliputi jaringan infrastruktur ketenagalistrikan. Jaringan infrastruktur ketenagalistrikan terbagi lagi menjadi dua bagian, yaitu infrastruktur pembangkitan tenaga listrik dan sarana pendukung, termasuk jaringan infrastruktur penyaluran tenaga listrik dan sarana pendukung.

Infrastruktur pembangkitan tenaga listrik dan sarana pendukung terdiri dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya WP IKN Selatan di KIKN, Pembangkit Listrik Tenaga Surya WP IKN Timur 1 di KIKN, Pembangkit Listrik Tenaga Surya WP IKN Utara di KIKN.

Lalu, Pembangkit Listrik Tenaga Surya WP Simpang Samboja di KPIKN, Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang tersebar di kawasan penyangga lingkungan dan ketahanan pangan di KPIKN, Pembangkit listrik tenaga lainnya berupa pembangkit listrik tenaga hidrogen di WP IKN Selatan di KIKN dan yang tersebar di kawasan penyangga lingkungan dan ketahanan pangan di KPIKN.

Sementara, jaringan infrastruktur penyaluran tenaga listrik dan sarana pendukung meliputi jaringan transmisi tenaga listrik antarsistem, jaringan distribusi tenaga listrik, dan gardu listrik.

[Gambas:Video CNN]



(fby/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER