Pelindo Raup Pendapatan Rp7,1 T di Kuartal I 2022

CNN Indonesia
Jumat, 20 Mei 2022 06:40 WIB
Pelindo berhasil meraih pendapatan Rp7,1 triliun pada Maret 2022, meningkat 7 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Pelindo berhasil meraih pendapatan Rp7,1 triliun pada Maret 2022, meningkat 7 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. (CNNIndonesia/ Kadafi)).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, operator pelabuhan BUMN berhasil meraih pendapatan Rp7,1 triliun pada Maret 2022. Angka tersebut meningkat 7 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Hal ini diumumkan Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono pada Journalist Gathering di Museum Maritim Indonesia, Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis (19/5).

Selain itu, Pelindo membukukan Pendapatan Sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi alias EBITDA sebesar Rp2,2 triliun atau naik sebesar 7 persen dibandingkan 2021. Perusahaan menghasilkan laba bersih sebesar Rp460 miliar untuk kuartal pertama 2022, meningkat 46 persen dibandingkan tahun lalu.


"Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta transformasi yang terus berjalan di internal perusahaan, kami optimis kinerja Pelindo akan terus meningkat dan dapat memenuhi harapan para pemegang saham," kata Arif.

Ia menambahkan kinerja keuangan yang positif ini ditopang oleh pelonggaran kegiatan masyarakat belakangan ini. Pelonggaran itu telah membuat arus penumpang di pelabuhan kelolaan Pelindo tembus 2,5 juta orang atau meningkat 38 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Tak hanya arus penumpang, pendapatan juga ditopang arus kapal yang keluar masuk pelabuhan mencapai 283 juta gross tonage (GT) atau tumbuh 1 persen dibandingkan periode yang sama di 2021 dan arus peti kemas mencapai 4,2 juta kapasitas kargo (TEUS) atau meningkat sebesar 2 persen dibandingkan periode yang sama 2021.

Demikian juga arus barang yang terealisasi sebesar 37 juta ton naik 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pelindo akan terus berupaya menjaga kelancaran arus barang dan penumpang di Pelabuhan melalui kesiapan operasional 24/7, dengan SDM yang handal, didukung teknologi serta sistem digitalisasi yang terbarukan untuk menjangkau seluruh aktivitas layanan kepelabuhanan," sebut Arif.

(tdh/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER