Jalan Berliku Dapat Minyak Goreng Rp14 Ribu di Aplikasi Warung Pangan

dzu | CNN Indonesia
Kamis, 19 Mei 2022 16:44 WIB
Pemerintah menyiapkan program minyak goreng rakyat agar masyarakat dapat membeli dengan harga murah Rp14 ribu. Berikut caranya. Pemerintah menyiapkan program minyak goreng rakyat agar masyarakat dapat membeli dengan harga murah Rp14 ribu. Berikut caranya. Ilustrasi. (Antara/Basri Marzuki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah menyiapkan program minyak goreng rakyat agar masyarakat bisa mendapatkan produk itu dengan harga sesuai HET, yakni Rp14 ribu per liter.

Untuk bisa mendapatkan minyak goreng rakyat, masyarakat perlu mengunduh aplikasi Warung Pangan (WP) yang dikelola anak usaha ID FOOD, yakni PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

CNNIndonesia.com pun mencoba mengunduh aplikasi Warung Pangan untuk menjajal bagaimana cara mendapatkan minyak goreng rakyat tersebut pada Kamis (19/5).


Setelah mengunduh aplikasi itu, pengguna diminta untuk mendaftar dan mengisi sejumlah data diri seperti nama, nama warung, nomor handphone, dan alamat tempat tinggal.

Setelah itu pengguna akan mendapatkan link verifikasi melalui WhatsApp. Dari verifikasi itu, pengguna akan diminta membuat PIN untuk login di aplikasi tersebut.

Tidak hanya itu, pengguna juga diminta untuk mengisi nomor induk kependudukan (NIK), mengunggah swafoto, foto KTP, dan swafoto dengan KTP.

Setelah prosedur itu dilakukan, pengguna bisa mulai menggunakan aplikasi tersebut untuk belanja.

Namun, setelah CNN mencoba berbelanja di aplikasi tersebut, fitur layanan minyak goreng Rp14 ribu itu rupanya belum tersedia.

Berdasarkan pantauan, harga minyak goreng di aplikasi Warung Pintar tidak jauh berbeda dari harga minyak goreng yang ada di pasar tradisional, minimarket, atau online shop lain yang lebih dari Rp20 ribu per liter.

Sebelumnya, Direktur Utama Holding pangan ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan aplikasi Warung Pangan diciptakan untuk memudahkan pedagang, pengecer, hingga konsumen dalam menjual dan membeli minyak goreng.

"Jadi melalui aplikasi terintegrasi ini, setiap pedagang atau pengecer minyak goreng curah akan didistribusikan minyak goreng 200 liter per hari dari ID FOOD, kemudian pengecer tersebut dapat bertransaksi penjualan langsung ke konsumen secara online, maksimal pembelian 2 liter minyak goreng curah untuk setiap konsumen per hari, harga per liter pun disesuaikan HET pemerintah yaitu Rp14 ribu per liter," jelas Frans.

Direktur Utama PT PPI Nina Sulistyowati menambahkan perusahaan melalui platform Warung Pangan aktif mendistribusikan minyak goreng curah untuk melayani mitra Warung Pangan.

"Kami memastikan saluran pendistribusian minyak goreng melalui UMKM-UMKM yang merupakan mitra Warung Pangan di berbagai kota, di mana dengan aplikasi WP ini juga dapat memonitor harga jual yang ditetapkan pemerintah sampai ke pengguna akhir," kata Nina.

Saat ini, mitra warung pangan PPI mencapai 69 ribu yang tersebar di 27 titik kota di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

(dzu/aud)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER