Dirut Allo Bank di Mata CT: Ibarat Cari Jarum di Tumpukan Jerami

wel | CNN Indonesia
Kamis, 19 Mei 2022 18:22 WIB
Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengaku beruntung Indra Utoyo mau bergabung dengan Allo Bank sebagai direktur utama. Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengaku beruntung Indra Utoyo mau bergabung dengan Allo Bank sebagai direktur utama. (CNNIndonesia/Wella Andany).
Jakarta, CNN Indonesia --

Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengibaratkan Direktur Utama PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI) Indra Utoyo sebagai jarum di tumpukan jerami alias sosok yang sulit dicari.

Pria yang akrab disapa CT itu mengatakan Allo Bank beruntung karena Indra memiliki kemampuan mumpuni di sektor perbankan dan digital. Dengan demikian, Indra pantas menjadi bos di bank digital.

"Mencari orang yang memahami teknologi tapi juga memahami perbankan ibarat mencari jarum di jerami di Indonesia. Alhamdulillah Allo Bank bisa menemukan satu jarum di tengah jerami itu tadi," ucap CT dalam konferensi pers di Istora Senayan, Kamis (19/5).


Indra merupakan Sarjana Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang lulus pada 1985 silam.

Pria kelahiran Bandung, 17 Februari 1962 itu pernah mengambil Master Komunikasi dan Pemrosesan Sinyal di Imperial College, University of London pada 1993-1994.

Lalu, ia merampungkan program Doktor Manajemen Strategik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada 2019.

Dilansir dari berbagai sumber, Indra merupakan sosok yang menaruh perhatian besar pada dunia inovasi dan transformasi digital di Indonesia.

Indra juga bukan sosok asing di bidang bank digital. Maklum, sebelum ditunjuk menjadi Direktur Utama Allo Bank, ia pernah menjabat sebagai direktur digital dan teknologi informasi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Sebelum menjadi direktur digital dan teknologi informasi BRI, Indra juga pernah bekerja di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom Indonesia selama 16 tahun. Selama kurun waktu tersebut berbagai macam jabatan pernah ia cicipi.

Jabatan itu mulai dari IT system analyst, project manager untuk sejumlah proyek MIS, dan memimpin introduksi berbagai layanan baru multimedia, B2B Commerce, dan e-Business. Jabatan terakhirnya di Telkom Indonesia adalah Chief Innovation and Strategy Officer (CSO).

Indra juga pernah menjabat komisaris utama PT Multimedia Nusantara (METRA) dan komisaris utama Metra Digital Innovation (MDI).

Selain itu, untuk menumbuhkan inovasi dan industri kreatif digital Indonesia, Indra memelopori terbentuknya ekosistem startup digital INDIGO Creative Nation, Bandung Digital Valley (BDV), Jogja Digital Valley (JDV), dan Jakarta Digital Valley (JakDiVa) sebagai inkubator dan akselerator industri kreatif digital.

Catatan redaksi: CNN Indonesia merupakan bagian dari ekosistem CT Corp.

(wel/aud)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER