PGN Genjot Transformasi Bisnis Digital, Kejar Target 1 Juta Pelanggan

PGN | CNN Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 13:15 WIB
Melalui transformasi bisnis berbasis digital, PT PGN memperluas jaringan gas rumah tangga dengan target 1 juta pelanggan per tahun lewat produk GasKita. Melalui transformasi bisnis berbasis digital, PT PGN memperluas jaringan gas rumah tangga dengan target 1 juta pelanggan per tahun lewat produk GasKita. (Arsip PGN).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT PGN mengejar pencapaian proyek jaringan gas rumah tangga untuk 1 juta pelanggan melalui transformasi bisnis berbasis digital. Percepatan tersebut diyakini bakal memberikan dampak pada upaya pemulihan kinerja perusahaan yang lebih cepat di tengah pandemi Covid-19.

"Kami terus memperluas jangkauan pelanggan dan saat ini tengah melakukan mega proyek jaringan gas rumah tangga untuk 1 juta pelanggan per tahun melalui produk GasKita. Maka strategi bisnis berbasis digital dilakukan agar bisa terhubung secara lebih luas dengan masyarakat," ujar Direktur Sales dan Operasi PT PGN, Faris Aziz, Jumat (20/5) lalu.

Faris mengatakan saat ini masyarakat makin familiar dengan perkembangan digital. Hal itu memacu PGN lebih aktif untuk lebih dekat masyarakat melalui platform digital.


"Kami juga menjawab segala pertanyaan tentang gas bumi melalui chat Whatsapp di nomor 081511500645," kata Faris menegaskan.

Faris lebih jauh menerangkan, PGN aktif melakukan kampanye digital Gaskita. Pada 2021 misalnya, digital advertising Gaskita mencapai lebih dari 3,4 juta impression dan lebih dari 150.000 engagement pada media sosial. Selain itu, lebih dari 10 persen pelanggan baru mendaftar melalui registrasi online.

Selain itu, PGN berkolaborasi dengan Tokopedia sebagai e-wallet pembayaran tagihan gas bumi. Melalui platform digital ini, pelanggan sangat dimudahkan dalam pembayaran tagihan gas apalagi selama masa pandemi.

"PGN dan Tokopedia membantu UMKM kuliner pelanggan PGN dengan membuat special page bernama Dapur Gaskita di mana pengguna Tokopedia bisa membeli kuliner dari pelanggan PGN tersebut," jelas Faris.

Kolaborasi digital PGN dan Tokopedia ditargetkan untuk memberikan dampak pemulihan ekonomi bagi UMKM di masa pandemi.

Gaskita, jelas Faris, memberikan jaminan benefit dari penggunaan gas bumi yakni lebih praktis, aman, dan modern.

Pada 2021, penyerapan gas bumi di sektor rumah tangga (Gaskita) sekitar 5,5 BBTUD. Dari penyerapan tersebut, Gaskita PGN berhasil berkontribusi pada penurunan subsidi gas tabung sekitar Rp330 miliar per tahun.

Sementara terkait percepatan program jargas rumah tangga nasional, PGN menggandeng BUMN Karya, BUMD, dan developer terkemuka di Indonesia.

Program Sejuta Rumah (PSR) menyasar Rusun Perum Perumnas di lokasi berbasis Transit Oriented Development. Lokasi tersebut meliputi Semesta Mahata Serpong di Stasiun Rawa Buntu Tangerang Selatan dan Semesta Mahata Tanjung Barat Jakarta.

Tak hanya melalui pipa, PGN memiliki produk Gaslink bagi pelanggan yang berlokasi jauh dari jaringan pipa gas PGN. Pada Desember 2021, PGN me-launching varian GasLink Cylinder yang menyasar industri restoran dan usaha kecil.

"Dengan beralih ke GasLink, pelanggan akan mendapatkan kepraktisan dan penghematan biaya lebih dari 10%," ujar Faris.

PGN juga menerapkan strategi marketing 3.0 dimana perusahaan bertanggung jawab terhadap kepentingan perusahaan sendiri, sosial, serta lingkungan.

PGN melihat dampak positif gas bumi terhadap lingkungan di era transisi energi, serta dalam mengurangi emisi karbon sesuai target pemerintah Indonesia pada Net Zero Emission tahun 2060. Atas pencapaian pada transformasi bisnis tersebut itu pula PGN berhasil meraih penghargaan BUMN Entreprenurial Marketing Award 2022 Markplus Inc sebagai "The Most Promising Company in Srategic Marketing Bronze Winner" dan "The Most Promising Company in Marketing 3.0 Bronze Winner" kategori Anak Perusahaan BUMN pada 18 Mei lalu.

"Dengan target penembahan pelanggan yang besar di berbagai daerah di Indonesia, platform digital menjadi salah satu tools PGN kedepan agar pelanggan dapat terlayani dengan optimal," tutup Faris.

(osc/osc)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER