Australia Buka Pintu Lowongan Kerja untuk TKI

CNN Indonesia
Selasa, 07 Jun 2022 14:28 WIB
Pemerintah Australia membuka lowongan bagi pekerja migran Indonesia di sektor agrikultur hingga hospitality. Pemerintah Australia membuka lowongan bagi pekerja migran Indonesia di sektor agrikultur hingga hospitality. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan Pemerintah Australia menjalin kerja sama terkait peluang bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) untuk bisa bekerja di Negeri Kangguru itu. 

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengatakan beberapa sektor yang ditargetkan yaitu agrikultur, pertambangan, mekanik, dan perhotelan atau restoran.

"Kami optimis Australia dapat membuka pintu lebih luas bagi pekerja migran Indonesia (PMI)," kata Ida dalam siaran pers, Selasa (7/6).

Saat ini nota kesepahaman (MoU) antar kedua negara tersebut sedang membahas penempatan PMI di sektor agrikultur.

Pada kesempatan itu, Ida menjamin penempatan ke Australia hanya diisi oleh tenaga terampil. Sebab itu, Kemenaker akan fokus pada kompetensi calon pekerja migran, perbaikan soft skill dan kemampuan berkomunikasi para PMI.

Ida meyakini melalui pelatihan di balai latihan kerja milik pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan komunitas, maka kualitas PMI tidak akan mengecewakan.

Mengutip data BP2PMI, Indonesia belum pernah menempatkan PMI ke Australia. Sebagian besar PMI bekerja di Hongkong, Taiwan, Italia, Singapura dan Polandia.

Tahun lalu, jumlah PMI yang bekerja di Hongkong sebanyak 52.278 orang, di Taiwan sebanyak 7.789 orang, di Italia sebanyak 3.225 orang, di Singapura sebanyak 3.217 orang dan di Polandia sebanyak 1.195 orang.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER