Pemerintah Bakal Pungut Cukai Ban Karet

CNN Indonesia
Rabu, 15 Jun 2022 07:46 WIB
Kementerian Keuangan akan menambah jenis barang yang akan dikenakan cukai, salah satunya ban karet, BBM dan detergen. Kementerian Keuangan akan menambah jenis barang yang akan dikenakan cukai, salah satunya ban karet, BBM dan detergen. (CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menambah jenis barang yang akan dikenakan cukai, salah satunya ban karet.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Nathan Kacaribu mengatakan pihaknya juga akan menerapkan cukai untuk BBM dan detergen.

"Dalam konteks pengendalian konsumsi ke depan akan terus dikaji, seperti ban karet, BBM, dan detergen," ujar Febrio dalam rapat kerja di DPR RI, Senin (13/6).


Dalam kesempatan berbeda, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu Askolani memastikan pemerintah tak akan menerapkan bea cukai terhadap ban karet, BBM, dan detergen dalam waktu dekat.

"Sabar, belum akan dikenakan," ucap Askolani.

Sebelumnya, Kemenkeu juga sedang mempersiapkan implementasi penerapan bea cukai untuk plastik dan minuman berpemanis. Pembahasan itu sudah dilakukan sejak 2019 lalu, tetapi belum ada kepastian kapan akan diterapkan.

Pemerintah menargetkan penerimaan cukai sebesar Rp245 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022. Tercatat, realisasi penerimaan cukai baru Rp108,4 triliun pada akhir April 2022.

[Gambas:Video CNN]



(aud/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER