BTS Bakal Fokus Solo, Saham HYBE Loyo 25 Persen

CNN Indonesia
Rabu, 15 Jun 2022 19:10 WIB
Saham HYBE terjun bebas sebesar 25 persen setelah BTS mengumumkan rencana untuk proyek solo. Saham HYBE merosot 25 persen setelah BTS mengumumkan rencana untuk proyek solo. (Tangkapan layar YouTube Big Hit Labels).
Jakarta, CNN Indonesia --

Saham HYBE, agensi BTS, turun hampir 25 persen setelah boyband asal Korea Selatan tersebut mengumumkan akan fokus pada proyek solo.

Dilansir dari Korea Herald, Rabu (15/6), saham perusahaan agensi tersebut merosot 24,87 persen pada perdagangan hari ini.

Harga saham ditutup pada 145 ribu won Korea, menyentuh level terendah sejak debut perdagangannya di indeks Kospi pada Oktober 2020, yakni 135 ribu won.

Di awal perdagangan, saham dibanderol 168 ribu won setelah mencapai 193 ribu won di sesi sebelumnya. Dalam satu jam pertama perdagangan, sahamnya anjlok lebih dari 25 persen menjadi 140 ribu won dibandingkan penutupan sebelumnya.

Akibat harga saham yang terjun bebas, HYBE rugi US$1,7 miliar atau setara Rp25,02 triliun (asumsi kurs Rp14.718 per dolar AS) dari nilai pasarnya.

Padahal, saham HYBE sempat mencapai level tertinggi di 421.500 won pada November 2021, tetapi nilainya berangsur turun hampir 60 persen dalam setahun terakhir.

Bahkan, Hana Financial Investment, sebuah broker kelas kakap di Negeri Gingseng, baru saja menurunkan target harga HYBE dari 430 ribu won menjadi 360 ribu won.

Analis Hana Financial Investment Han Lee Ki Hoon memproyeksikan pendapatan tahunan HYBE yang dihasilkan BTS berpotensi turun sebesar 750 miliar won.

Menurut presentasi investor kuartal IV 2021 perusahaan, BTS menyumbang 27 persen dari penjualan HYBE di AS.

Sebelumnya, HYBE membantah kabar bahwa BTS akan hiatus, melainkan hanya menyiapkan waktu untuk fokus pada proyek solo. Pernyataan itu disampaikan setelah ramai pemberitaan bahwa superstar global tersebut akan hiatus.

"BTS tidak hiatus. Para member akan lebih fokus pada proyek solo," sebut HYBE dalam pernyataan resmi.

Semua berawal ketika RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook membicarakan masa depan mereka dalam sebuah video yang diunggah untuk merayakan hari jadi kesembilan BTS.

Berdasarkan video yang diunggah beberapa hari setelah perilisan album antologi Proof, Suga bertanya kepada para member perlu atau tidaknya membicarakan alasan hiatus.

Namun, kata hiatus itu diklarifikasi HYBE. Agensi menekankan member hanya lebih fokus pada proyek masing-masing. Belum terdapat detail lebih lanjut mengenai proyek BTS di masa mendatang atau proyek solo yang disebut-sebut.

[Gambas:Video CNN]



(tdh/dzu)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER