Jokowi: Luhut-Zulhas Minta 1 Bulan Agar Harga Minyak Goreng Terjangkau

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Senin, 20 Jun 2022 15:01 WIB
Menko Luhut dan Mendag Zulkifli Hasan meminta waktu dua pekan sampai satu bulan untuk menurunkan harga minyak goreng curah menjadi Rp14 ribu per liter. Menko Luhut dan Mendag Zulkifli Hasan meminta waktu dua pekan sampai satu bulan untuk menurunkan harga minyak goreng curah menjadi Rp14 ribu per liter. (Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta waktu dua pekan sampai satu bulan untuk menurunkan harga minyak goreng curah menjadi Rp14 ribu per liter.

Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Kabinet Paripurna di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (20/6).

"Tadi saya menanyakan kepada pak menko marinves dan tanya juga ke pak mendag yang baru, masih minta waktu dua minggu sampai satu bulan agar (harga minyak goreng curah) merata. Saya kira secepatnya agar harga terjangkau oleh masyarakat bawah," ungkap Jokowi.


Ia mengatakan harga minyak goreng curah di Jawa Barat dan Banten sudah Rp14 ribu per liter. Harga itu sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah.

"Tapi apakah hanya di dua provinsi ini? Kami harapkan di semua provinsi berada di angka itu (Rp14 ribu per liter)," jelas Jokowi.

Mendag Zulkifli sendiri berjanji akan menyelesaikan masalah lonjakan harga dan kelangkaan minyak goreng dalam satu atau dua bulan ini. Ia mengklaim sudah tahu biang kerok yang menjadi penyebab kenaikan dan kelangkaan harga minyak goreng.

"Saya sudah tahu sebab-sebabnya, sudah kami perbaiki, sudah ada jalan keluarnya. Sebulan, dua bulan beres insyaallah," ucap Zulkifli di Kompleks Istana Kepresidenan usai menghadiri rapat bersama Jokowi.

[Gambas:Video CNN]



(aud/sfr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER