Harga Bahan Pangan Melonjak Dua Kali Lipat di Pasar Bintaro

CNN Indonesia
Selasa, 21 Jun 2022 16:26 WIB
Harga pangan di kawasan Bintaro melonjak hingga dua kali lipat lebih mahal. Berikutnya rinciannya. Harga pangan di kawasan Bintaro melonjak hingga dua kali lipat lebih mahal. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/AMPELSA).
Jakarta, CNN Indonesia --

Harga bahan pangan termasuk berbagai jenis sayur-sayuran melonjak hingga dua kali lipat di sejumlah pasar kawasan Bintaro, Banten. 

Di Pasar Bintaro Jaya, Tangerang Selatan misalnya, harga cabai merah naik dari Rp50 ribu kilogram (kg) menjadi Rp100 ribu per kg dibandingkan pekan lalu.

Bukan hanya cabai merah, cabai keriting pun naik dari Rp60 ribu menjadi Rp90 ribu. Kemudian cabai hijau yang sempat berada di Rp16 ribu, kini harganya melonjak menjadi Rp30 ribu.


"Pada naik semua, dua kali lipatnya," kata Siti, seorang pedagang bumbu di pasar tersebut, kepada CNNIndonesia.com, Selasa (21/6).

Kemudian, harga tomat naik dari kisaran Rp15 ribu sampai Rp20 ribu kini menjadi Rp25 ribu per kg.

Sayur kol yang sebelumnya berada di harga Rp10 ribu per kg sekarang menyentuh Rp20 ribu per kg.

Selanjutnya, brokoli yang pekan lalu dibanderol rata-rata Rp40 ribu per kg naik Rp10 ribu menjadi Rp50 ribu. Bawang merah yang sebelumnya dijual dengan harga Rp40 ribu, kini naik menjadi Rp70 ribu.

Kenaikan harga sayuran juga terjadi di Pasar Bintaro Sektor II, Tangerang Selatan. Di situ, harga brokoli naik dari Rp40 ribu jadi Rp50 ribu per kg.

Kemudian, sawi putih naik dari Rp16 ribu menjadi Rp18 ribu per kg. Lalu, sayur kol naik dari Rp10 ribu per kg menjadi Rp18 ribu per kg.

Ada pula cabai merah yang sebelumnya dijual dengan harga Rp80 ribu, kini dibanderol Rp100 ribu sejak pekan lalu. Sama dengan temuan di Pasar Bintaro Jaya, Bawang merah pun ikut naik dari kisaran Rp40 ribu menjadi Rp70 ribu.

Dari harga-harga tersebut, bawang putih tetap berada di harga Rp40 ribu di kedua pasar. Bahan-bahan pokok yang turun harga hanya telur dan sawi hijau.

Telur yang sebelumnya dijual pada harga Rp29 ribu, kini sudah turun tipis menjadi Rp28 ribu. Selanjutnya, sawi hijau turun harga dari Rp20 ribu menjadi Rp15 ribu.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan akan berfokus menghadapi emak-emak dengan menjamin ketersediaan bahan pokok di pasar dengan harga terjangkau.

"Sekarang saya ini hadapi emak-emak. Saya bilang sama teman-teman di Kemendag, kan banyak tugasnya ada di WTO (Organisasi Perdagangan Dunia), jadi koordinator G20. Itu urusan teman-teman. Saya urus pasar becek, urusan cabe keriting, cabe rawit, itu saya urusin," ujar Zulkifli saat kunjungan kerja di Pasar Jaya Koja Baru.

Ia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara khusus memintanya untuk memastikan ketersediaan pangan dalam satu sampai dua tahun ke depan selama menjabat sebagai menteri.

[Gambas:Video CNN]



(tdh/dzu)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER