Bertemu Bos IBM, Airlangga Proyeksi Ekonomi Digital RI Rp2.160 T 2025

CNN Indonesia
Rabu, 22 Jun 2022 05:50 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan proyeksi nilai ekonomi digital RI tembus US$146 miliar atau Rp2.160 triliun pada 2025. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan proyeksi nilai ekonomi digital RI tembus US$146 miliar atau Rp2.160 triliun pada 2025. (REUTERS/Willy Kurniawan).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memproyeksi nilai ekonomi digital RI tembus US$146 miliar atau Rp2.160 triliun (asumsi kurs Rp14.800 per dolar AS) pada 2025 mendatang.

Airlangga menjelaskan nilai ekonomi digital Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia pada 2021. Nilainya mencapai US$70 miliar atau Rp1.036 triliun.

"Nilai ekonomi digital Indonesia pada 2021 tercatat sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara, yakni US$70 miliar dan diperkirakan mampu mencapai US$146 miliar pada 2025," ungkap Airlangga dalam keterangan resmi, Selasa (21/6).


Selain itu, sambungnya, 40 persen pangsa pasar ekonomi digital di Asia Tenggara berada di Indonesia.

Airlangga mengatakan sektor utama yang menopang ekonomi digital di Indonesia adalah e-commerce yang mencapai US$53 miliar. Ia memprediksi nilainya terus naik menjadi US$104 miliar pada 2025 mendatang.

Sejauh ini, kata dia, pemerintah melakukan transformasi digital di dalam negeri. Salah satunya dengan pembangunan sarana infrastruktur.

"(Pembangunan sarana infrastruktur ini mencakup) fisik maupun digital, termasuk pembangunan jaringan 5G, pembangunan sejumlah data center, rencana pengadaan low orbital satellite untuk menyediakan layanan internet sampai ke pelosok Indonesia, serta program Indonesia 4.0," jelas Airlangga.

Selain itu, pemerintah juga membangun subsektor ekonomi digital, seperti healthtech (telemedicine), fintech, edutech, dan pelaksanaan Program Kartu Prakerja yang melibatkan 115 lembaga pelatihan online.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager IBM Burton mengatakan pihaknya berencana mendirikan lembaga pelatihan Hybrid Cloud Academy di pulau Batam.

"Lembaga tersebut akan menyediakan program training di bidang cloud development and administration yang akan mencetak lulusan dengan keahlian digital yang relevan dan dibutuhkan saat ini," ujar Burton.

Ia menambahkan IBM juga berminat untuk mendukung pengembangan data center di Indonesia, khususnya security operation center dan training of trainer di bidang cyber skill. Untuk itu, Burton akan mengunjungi Batam untuk menjajaki rencana pembangunan lembaga pelatihan tersebut dalam waktu dekat.

[Gambas:Video CNN]



(aud/sfr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER