Bank Mandiri Proyeksi Ekonomi RI Tumbuh 5,3 Persen Kuartal II 2022

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Rabu, 22 Jun 2022 20:20 WIB
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar 5,2 persen hingga 5,3 persen pada kuartal II 2022. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar 5,2 persen hingga 5,3 persen pada kuartal II 2022. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia  berkisar 5,2 persen hingga 5,3 persen pada kuartal II 2022.

"Pertumbuhan kuartal II akan berkisar 5,2 persen sampai dengan 5,3 persen seiring dengan dukungan perbaikan belanja masyarakat," ungkap Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan dalam Media Gathering & Presentasi Macroeconomic outlook dari Tim Office of Chief Economist, Rabu (22/6).

Ia juga mengatakan pertumbuhan ekonomi RI periode April-Juni 2022 ditopang oleh pertumbuhan ekspor dan meningkatnya transaksi masyarakat selama Ramadan lalu.


Di sisi konsumsi dan belanja masyarakat, Panji mengatakan berdasarkan data Mandiri Spending Index (MSI) indeks frekuensi belanja berada di level 185,5. Sementara, indeks nilai belanja naik ke level 159,9.

Capaian tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang pandemi covid-19. "Frekuensi belanjanya naik, nilai belanjanya juga naik dari dua tahun sebelumnya yang berjalan beriringan dengan pelonggaran mobilitas masyarakat," imbuh Panji.

Pertumbuhan belanja masyarakat juga meningkat pada Maret 2022 atau menjelang Ramadan dan Idul Fitri. Panji menyebut perbaikan tingkat belanja juga terjadi di wilayah yang mengandalkan pariwisata seperti Bali dan Nusa Tenggara.

Berdasarkan data MSI, tingkat belanja di Bali dan Nusa Tenggara berangsur membaik yang tercatat mencapai level 86 di periode Ramadhan 2022.

Lebih lanjut, Panji juga mengatakan ekspor juga dengan memanfaatkan peluang pasar yang membaik di negara-negara tujuan ekspor. Hal tersebut seiring dengan pelonggaran mobilitas usai pandemi.

"Dari berbagai faktor tadi, kami dapat melihat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2022 ini akan lebih baik dibandingkan dengan kuartal I," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER