5 Rumah Sakit Uji Coba Kelas Standar BPJS Kesehatan

CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 16:39 WIB
Pemerintah menargetkan kelas standar BPJS Kesehatan berlaku serentak pada 2024. Saat ini, 5 rumah sakit melakukan uji coba. Pemerintah menargetkan kelas standar BPJS Kesehatan berlaku serentak pada 2024. Saat ini, 5 rumah sakit melakukan uji coba. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak lima rumah sakit melakukan uji coba Kelas Rawat Inap Standar Jaminan Kesehatan Nasional (KRIS JKN) BPJS Kesehatan menyusul target pemerintah menerapkan kelas standar 100 persen di seluruh rumah sakit pada 2024 mendatang.

Ini sesuai dengan peta jalan KRIS JKN yang telah disusun Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) bersama pemerintah, di mana untuk uji coba dilakukan tahun ini.

"Juli pelaksanaan implementasi tahap pertama," ujar Anggota DJS Iene Muliati kepada CNNIndonesia.com, Selasa (5/7).

Dari data BPJS Kesehatan uji coba kelas standar sudah mulai dilakukan sejak awal Juli di 5 rumah sakit vertikal atau milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Uji coba akan berlaku hingga Desember 2022.

"Waktu uji coba KRIS direncanakan selama enam bulan dari Juli sampai Desember 2022. Tim uji coba KRIS dibentuk oleh DJSN beranggotakan lintas sektor," ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti dalam rapat kerja Komisi IX.

Dalam uji coba ini ada 9 kriteria yang akan diberlakukan dari 12 kriteria yang disusun. Kriteria tersebut meliputi bahan bangunan, luas tempat tidur, suhu ruangan hingga pencahayaan ruangan rumah sakit.

Berikut daftar 5 rumah sakit yang tengah dilakukan uji coba kelas standar:

1. RSUP Kariadi Semarang
2. RSUP Surakarta
3. RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar
4. RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon
5. RSUP Dr. Rivai Abdullah Palembang

[Gambas:Video CNN]



(idy/bir)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER