Mengintip Nasib Minyak Goreng Curah Usai Peluncuran MinyaKita

CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 18:37 WIB
Kemendag menyatakan minyak goreng curah tetap akan dibiarkan di pasar meski sudah ada MinyaKita. Berikut penjelasanya. Kemendag menyatakan minyak goreng curah tetap akan dibiarkan di pasar meski sudah ada MinyaKita. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Perdagangan baru saja meluncurkan produk minyak goreng kemasan yang diberi nama MinyaKita berharga Rp14 ribu per kemasan.

Lalu bagaimana nasib minyak goreng curah rakyat (MGCR)?

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebutkan MGCR masih tetap ada di pasaran. Produk ini tidak akan dihapuskan meski ada minyak goreng kemasan.

"Ya dua duanya, jadi curah apakah ditutup? ya nggak. Curah tetap, tidak ada perubahan apapun. Ini tambahan," ujarnya dalam peluncuran MinyaKita, Rabu (6/7).

Menurutnya, permasalahan MGCR selama ini adalah rantai distribusi yang berantakan sehingga harga mahal. Selain itu, banyak MGCR yang terbuang selama proses distribusi hingga pengemasan di tingkat pedagang eceran.

"Minyak curah itu kan selama ini banyak bocor, belum di pasar kadang-kadang bisa tumpah. Jadi boleh pilih mau distribusi pakai MinyaKita atau curah, silahkan," kata dia.

Dengan kemasan sederhana ini, nantinya minyak goreng curah bisa dijual di supermarket; disejajarkan dengan minyak kemasan premium lainnya. Namun, harganya jauh lebih murah.

[Gambas:Video CNN]

"Kalau sekarang kan (jualnya) di pasar-pasar, di warung-warung karena curah. Kalau di supermarket bisa kotor, jadi minyak curah tidak masuk. Tapi dengan yang baru ini kemasan yang sederhana, merek MinyaKita yang sudah terdaftar dan sudah ada izin edarnya bisa dijual di sana," jelasnya.

Sementara itu, cara pembelian MinyaKita dan MGCR tidak ada perbedaan. Bisa menggunakan KTP ataupun melalui aplikasi PeduliLindungi.

Di kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra mengatakan jumlah kuota pembelian per orang per harinya juga sama antara MinyaKita dan MGCR.

"Dalam rangka penjualan ke masyarakat, kami pada hari ini menetapkan penjualan sebanyak 10 liter per hari," pungkasnya.

(idy/agt)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER