Pendaftaran Beli Pertalite Pakai MyPertamina Dibuka di Sumut

tim | CNN Indonesia
Jumat, 22 Jul 2022 15:31 WIB
PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara mulai menerapkan registrasi kendaraan kepada para pengguna manfaat BBM bersubsidi di Sumut. PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara mulai menerapkan registrasi kendaraan kepada para pengguna manfaat BBM bersubsidi di Sumut. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Medan, CNN Indonesia --

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mulai menerapkan registrasi kendaraan kepada para pengguna manfaat BBM bersubsidi di Sumatera Utara (Sumut). Dua wilayah di Sumut yakni Kota Pematangsiantar dan Sibolga dijadikan sebagai pilot projects.

"Kami mendirikan booth untuk masyarakat yang ingin mendaftar melalui aplikasi MyPertamina maupun situs resmi subsiditepat.mypertamina.id," kata Sales Branch Manager Rayon III Pertamina MOR I - Ahmad Fernando, Jumat (22/7).

Fernando menyampaikan kebijakan ini untuk memilah masyarakat yang layak dan tidak layak menerima BBM bersubsidi. Pertamina mulai melakukan sosialisasi pendaftaran/registrasi kepada pengguna di kedua kota tersebut.

"PT Pertamina Patra Niaga Sumbagut memulai pendataan atau registrasi pengguna BBM bersubsidi di Pematangsiantar dan Sibolga. Program ini adalah program pemerintah yang ditunjuk kepada Pertamina untuk menyediakan tools pendataan siapa saja pengguna BBM subsidi," jelas Fernando.

Berdasarkan catatan Pertamina, 60 persen pengguna BBM bersubsidi masih belum tepat sasaran. Masih banyak pemilik/pengguna mobil mewah mengisi pertalite dan solar. Karena itu perlu meregistrasi siapa saja yang harus menerima subsidi ini.

"Di Siantar kita mulai sosialisasi pendaftaran di dua SPBU, yaitu SPBU 14211205 Jalan Ahmad Yani dan SPBU 14211277 Jalan Sisingamangaraja mulai 19 Juli 2022 kemarin. Kami akan terus bergeser ke SPBU-SPBU yang ada di Pematangsiantar selama dua bulan ini," jelasnya.

Setelah dua bulan sosialisasi pendaftaran/registrasi pengguna BBM subsidi jenis Solar dan Pertalite bagi pengguna roda empat atau lebih, nantinya pada Oktober-November 2022 resmi diwajibkan pembelian BBM bersubsidi menggunakan QR code yang diperoleh melalui pendaftaran yang telah dilakukan.

"Estimasi di bulan 10 atau 11 di Siantar kita sudah mulai implementasi untuk konsumen bio solar dan pertalite," papar Fernando.

Sementara itu, Pengelola SPBU di Siantar-Simalungun Petrus Stuart Miller Sirait menyampaikan pihaknya sudah mendapatkan arahan dari Pertamina untuk sosialisasi hingga penerapan penggunaan QR code dalam pembelian BBM bersubsidi nantinya.

"Kami juga sudah dilatih untuk melayani pembelian BBM subsidi via QR code. Apalagi konsep ini merupakan hal baru bagi masyarakat. Sebagai salah satu pengelola SPBU di Siantar-Simalungun kami siap mendukung program subsidi tepat, agar hanya pihak yang benar-benar berhak bisa mendapatkan subsidi," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]



(fnr/sfr)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER