Surat Utang Graceland Elvis Presley Disebut Gagal Bayar

tim | CNN Indonesia
Senin, 25 Jul 2022 15:40 WIB
Obligasi rumah bersejarah peninggalan Elvis Presley, Graceland, disebut gagal bayar karena pengurangan pengunjung selama pandemi covid-19. Obligasi rumah bersejarah peninggalan Elvis Presley, Graceland, disebut gagal bayar karena pengurangan pengunjung selama pandemi covid-19. (AFP/JIM REID)
Jakarta, CNN Indonesia --

Obligasi rumah bersejarah peninggalan Elvis Presley, Graceland, disebut gagal bayar karena pengurangan pengunjung selama pandemi covid-19.

Kota Memphis, negara bagian, dan Elvis Presley Enterprises cekcok tentang bagaimana hal itu terjadi dan bagaimana memperbaiki penurunan yang yang menyebabkan obligasi Proyek Graceland senilai US$20 juta menjadi berstatus sampah. Sekarang, banyak tudingan yang terjadi di rumah tersebut.

"Kami tidak gagal bayar," tegas Joel Weinshanker yang telah menjadi mitra pengelola Elvis Presley Enterprises selama satu dekade, dikutip dari CNN Business, Senin (25/7).

Weinshanker menyebut pihak yang gagal bayar adalah lembaga pembangunan ekonomi, EDGE, dari Memphis dan Shelby Counties. Namun, direktur pemasaran dan komunikasi agensi tersebut memberikan penjelasannya terkait tudingan itu.

"Obligasi Graceland harus dilunasi dari (pajak) yang semuanya dihasilkan di Graceland. Baik EDGE, Kota, Kabupaten, Negara Bagian, maupun pembayar pajak mana pun tidak bertanggung jawab untuk pembayaran kembali.

Graceland adalah salah satu daya tarik wisata terbesar di Memphis Selatan dan selama bertahun-tahun merupakan rumah kedua yang paling banyak dikunjungi setelah Gedung Putih. Namun, jumlah pengunjung berkurang selama pandemi covid-19.

Negara bagian Tennessee mencatat hanya 75 juta pengunjung pada 2020, turun dari 128 juta pada tahun sebelumnya.

EDGE awalnya menerbitkan obligasi Proyek Graceland senilai US$104,3 juta pada 2017, beberapa di antaranya tidak memiliki peringkat atau diidentifikasi sebagai berisiko tinggi.

Aliran pendapatan yang berbeda dari Graceland, terkait dengan sejumlah pajak baru, penjualan, turis, dan properti, masing-masing dijanjikan untuk seri obligasi yang berbeda. Sekitar US$20 juta dari obligasi itu sekarang dalam keadaan default.

Para kritikus mengatakan hasil obligasi digunakan untuk mendanai ekspansi besar-besaran yang mungkin terlalu ambisius mulai 2015 degan menambah gedung baru dan hotel dengan 450 kamar.

Elvis Presley meninggal dunia pada 16 Agustus 1977 atau saat berusia 42 tahun, berdasarkan catatan resmi. Namun, banyak pihak mengeluarkan teori-teori yang menunjukkan musisi asal AS tersebut memalsukan kematiannya dan hidup bertahun-tahun setelah itu.

[Gambas:Video CNN]

(fby/dzu)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER