Saham Miniso Anjlok usai Dituding Bohong soal Model Bisnis

tim | CNN Indonesia
Rabu, 27 Jul 2022 18:01 WIB
Saham Miniso Group anjlok di perdagangan Hong Kong setelah short-seller Blue Orca Capital menuduh perusahaan itu berbohong soal model bisnisnya. Saham Miniso Group anjlok di perdagangan Hong Kong setelah short-seller Blue Orca Capital menuduh perusahaan itu berbohong soal model bisnisnya. Ilustrasi. (Alex Tai/SOPA Images/LightRocket via Getty Images).
Jakarta, CNN Indonesia --

Saham Miniso Group anjlok di perdagangan Hong Kong setelah short-seller Blue Orca Capital menuduh perusahaan itu berbohong soal model bisnisnya.

Blue Orca Capital menuding 620 toko secara diam-diam dimiliki dan dioperasikan oleh eksekutif Miniso atau individu yang terkait erat dengan ketua perusahaan.

Blue Orca juga mengklaim Huang Zheng, wakil presiden Miniso dan chief operating officer di luar negeri, adalah pemilik terdaftar dari 10 toko Miniso. Hal ini berdasarkan kecocokan entitas yang dimiliki oleh Huang dari registrasi perusahaan Tiongkok dengan satu alamat toko.

Mengutip SCMP, saham Miniso merosot 10,2 persen ke posisi HK$12,56 pada jeda perdagangan siang setempat. Angka ini turun dari harga penawaran umum perdana di HK$13,80 pada dua minggu lalu. Sementara, indeks Hang Seng tergelincir 1,5 persen.

Penurunan itu membuat Miniso kehilangan HK$1,8 miliar atau US$230 juta nilai pasar dari pengecer yang berbasis di Guangzhou, di samping penjualan yang menghilang sebesar US$35,4 juta pada sekuritas yang terdaftar di AS ketika saham mereka jatuh 15 persen dalam semalam menyusul laporan short-seller pada Selasa (26/7).

Sementara itu, Miniso mengklaim 97 persen dari toko globalnya dijalankan oleh pewaralaba independen.

"Perusahaan menilai laporan itu tidak berdasar dan mengandung kesimpulan dan interpretasi yang menyesatkan," kata Miniso dalam pengajuan di bursa pada Rabu (27/7).

Miniso juga menambahkan dewan sedang meninjau tuduhan dan mempertimbangkan tindakan untuk melindungi pemegang saham. Perusahaan akan membentuk komite untuk mengawasi penyelidikan independen atas tuduhan yang terkandung dalam laporan Blue Orca.

Perusahaan juga mengumpulkan lebih dari HK$650 juta dengan menjual 47,3 juta saham kepada investor masing-masing seharga HK$13,80, termasuk penjatahan berlebih pada awal bulan ini. Perusahaan itu menjual lebih dari 32,8 juta saham penyimpanan Amerika pada Oktober 2020 dengan harga masing-masing US$20.

[Gambas:Video CNN]

(fby/sfr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER