BNI City Layani KRL, KAI Commuter Bantah Rumor Penutupan Stasiun Karet

CNN Indonesia
Minggu, 31 Jul 2022 02:04 WIB
KAI Commuter menegaskan Stasiun Karet tidak ditutup dan tetap akan melayani pengguna KRL seiring Stasiun BNI City tak lagi hanya untuk KA Bandara. Ilustrasi warga menunggu KRL di stasiun. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

KAI Commuter membantah kabar tentang rencana penutupan Stasiun Karet di Jakarta Pusat untuk naik turun penumpang KRL Jabodetabek seiring operasional Stasiun BNI City yang tak lagi hanya untuk KA Bandara.

"Stasiun Karet tidak ditutup dan tetap akan digunakan untuk melayani pengguna KRL," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya pada Jumat (29/7).

Anne mengatakan, Stasiun Karet tetap beroperasi seiring rencana penggunaan Stasiun BNI City untuk naik turun penumpang KRL mulai Sabtu (30/7) ini.

Ia menyampaikan, Stasiun BNI City dapat dijadikan alternatif untuk melayani pengguna KRL selain tujuan antara Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet.

Pembukaan Stasiun BNI City diproyeksikan dapat membagi kepadatan di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet mencapai 40 persen, atau sekitar 9 ribu hingga 10 ribu penumpang.

Ia menyebut, saat ini Stasiun Sudirman melayani rata-rata penumpang sebanyak 17 ribu penumpang pe rhari. Sementara pada masa normal mencapai 25 ribu penumpang.

"Kemudian, saat ini Stasiun Karet melayani menuju 10 ribu penumpang per hari. Stasiun BNI City akan sangat membantu khususnya di jam-jam padat," katanya.

Anne menambahkan, KAI Commuter senantiasa menggunakan kajian terhadap rencana-rencana yang berkaitan dengan pelayanan KRL.

Selain itu, pihaknya juga selalu meminta masukan dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk pelanggan apabila ada kebijakan penutupan stasiun.

"Yang viral penutupan Stasiun Karet, kami selalu lakukan kajian secara komprehensif dan mendengar masukan dari para pelanggan," kata dia.

Sementara itu, dalam keterangannya pada Sabtu ini, Direktur Utama KAI Bandara Anggoro Triwibowo mengatakan dengan dibukanya Stasiun BNI City untuk penumpang KRL diharapkan menjadi alternatif bagi penumpang KA Bandara yang akan melakukan perpindahan antarmoda di stasiun tersebut.

"Sebelumnya penumpang KA Bandara yang turun di Stasiun BNI City harus berjalan 200 - 300 meter untuk melanjutkan perjalanan menggunakan commuterline di Stasiun Sudirman. Kini penumpang cukup tap out di lantai 1 Stasiun BNI City dan melanjutkan menggunakan commuterline pada peron yang sama," kata Anggoro.

Dalam uji coba pengoperasian Stasiun BNI City ini, pelayanan naik dan turun pengguna KRL di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet tetap beroperasi normal. Untuk memudahkan perpindahan antarmoda bagi penumpang KRL yang akan menggunakan KA Bandara, terdapat juga program tap n go.

Penumpang KRL cukup tap kartu uang elektronik maupun kartu prepaid perbankan di gerbang KA Bandara dengan minimal saldo Rp70.000 (harga relasi terjauh).

Untuk fasilitas pelayanan perjalanan KRL, KAI Commuter telah menyiapkan loket, tujuh buah gate elektronik untuk proses masuk dan keluar pengguna, tiga buah C-VIM untuk top up dan marka-marka petunjuk di area stasiun.

Sementara itu, fasilitas pelayanan penumpang KA Bandara tetap sama, yaitu dapat melakukan pembelian tiket di Vending Machine yang terletak di lantai 1 Stasiun BNI City maupun melalui aplikasi dan situs resmi.

(Antara/kid)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER