Erick Thohir Duga Pelanggan PLN 3.500 VA Nikmati Subsidi Listrik

CNN Indonesia
Rabu, 03 Agu 2022 17:04 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir curiga pelanggan PT PLN (Persero) berdaya 3.500 VA masih ada yang menikmati subsidi listrik. Menteri BUMN Erick Thohir curiga pelanggan PT PLN (Persero) berdaya 3.500 VA masih ada yang menikmati subsidi listrik. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir curiga pelanggan PT PLN (Persero) berdaya 3.500 VA masih ada yang menikmati subsidi listrik. Ini berarti, subsidi listrik belum tepat sasaran.

Selama ini diketahui negara melalui PLN hanya memberikan subsidi pada pelanggan rumah tangga dengan daya 450 volt ampere (VA) dan 900 VA saja.

Namun, ia menduga pelanggan listrik 3.500 VA membagi-bagi daya listrik itu menjadi kelompok kecil. Contohnya, bagi mereka yang berbisnis kontrakan.

Misalnya, dibagi listriknya per kamar kontrakan, sehingga pemilik kontrakan membayar dengan bantuan subsidi.

"Dia pecah-pecah listriknya, lalu disewakan dengan biaya jutaan, tapi bayar listriknya subsidi. Nah ini kan kembali tidak sehat," ujarnya dalam seminar 'Menuju Masyarakat Cashless' di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Rabu (3/8).

Erick menegaskan bahwa ia tidak anti pengusaha. Namun, ia ingin memperbaiki sistem subsidi agar lebih tepat sasaran.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian ESDM memutuskan menaikkan tarif dasar listrik (TDL) bagi 5 golongan pelanggan sejak 1 Juli 2022 lalu.

Kenaikan tarif listrik itu pun menyasar pelanggan rumah tangga dan kantor pemerintahan dengan daya di atas 3.500 VA.

Kenaikan harga tarif listrik disebut ditetapkan karena harga komoditas terus menanjak di tengah perang Rusia-Ukraina. Selain itu, kenaikan tarif juga demi menekan biaya subsidi pemerintah yang kian besar.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER