Inflasi Taiwan Mereda ke 3,36 Persen Juli 2022

tim | CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 18:49 WIB
Inflasi Taiwan tercatat 3,36 persen secara tahunan pada Juli 2022 atau lebih rendah dari 3,59 persen pada Juni lalu. Inflasi Taiwan tercatat 3,36 persen secara tahunan pada Juli 2022 atau lebih rendah dari 3,59 persen pada Juni lalu. Ilustrasi. (Nour Muhammad Adriani).
Jakarta, CNN Indonesia --

Inflasi Taiwan sedikit mereda pada Juli 2022. Tercatat, indeks harga konsumen (IHK) bulan lalu 3,36 persen secara tahunan.

Mengutip Channel News Asia, Jumat (5/8), Direktorat Jenderal Anggaran, Akuntansi dan Statistik mengatakan laju IHK Juli melambat dari 3,59 persen pada Juni, tertinggi dalam 14 tahun terakhir.

Inflasi Taiwan bulan lalu juga lebih rendah dari jajak pendapat Reuters terhadap 20 ekonom yang memperkirakan IHK naik 3,51 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, inflasi inti Juli lalu naik 2,73 persen dari 2,77 persen pada Juni. Ini tidak termasuk harga energi, sayuran dan buah-buahan yang lebih fluktuatif.

Bank sentral Taiwan telah menaikkan suku bunga kebijakannya pada Juni lalu untuk kedua kalinya tahun ini. Hal itu mencerminkan kekhawatiran tentang percepatan inflasi dan juga memangkas prospek pertumbuhan yang bergantung pada perdagangan 2022.

Analis memperkirakan bank sentral akan menaikkan suku bunga moderat sebanyak satu hingga dua kali di paruh kedua tahun ini.

Namun, tekanan harga masih lebih moderat dari pada di Amerika Serikat dan Eropa. Ekonomi Taiwan yang bergantung pada ekspor didukung oleh kekurangan semikonduktor global yang telah memenuhi pesanan pembuat chip Taiwan.

Pemerintah mengatakan fundamental ekonomi Taiwan tetap sehat, bahkan ketika pasar saham goyah.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER