Tingkat Pengangguran AS Turun ke 3,5 Persen Juli 2022

CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 20:32 WIB
Biro Statistik Tenaga Kerja AS mencatat tingkat pengangguran turun menjadi 3,5 persen pada Juli 2022, dengan lapangan pekerjaan bertambah 528 ribu posisi. Biro Statistik Tenaga Kerja AS mencatat tingkat pengangguran turun menjadi 3,5 persen, dengan lapangan pekerjaan yang ada sebanyak 528 ribu. (morgueFile/click).
Jakarta, CNN Indonesia --

Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat mencatat tingkat pengangguran turun menjadi 3,5 persen setelah sebelumnya bertahan di level 3,6 persen selama empat bulan berturut-turut.

Mengutip CNN, Jumat (5/8), setidaknya ada 528 ribu lapangan pekerjaan baru pada Juli, jauh di atas ekspektasi para ekonom AS. 

AFP melaporkan para ekonom memperkirakan pertambahan jumlah lapangan kerja Juli melambat yaitu hanya 250 ribu posisi.

Bulan lalu, total pekerjaan non-pertanian juga pulih ke tingkat sebelum pandemi.

Sebelumnya, mengutip Reuters, tingkat pengangguran di AS diprediksi bertahan di level 3,6 persen karena kondisi ekonomi yang kacau balau, termasuk kontraksi berturut-turut dalam produk domestik bruto.

Meskipun permintaan tenaga kerja telah berkurang di sektor-sektor seperti perumahan dan ritel yang sensitif terhadap tingkat suku bunga yang lebih tinggi karena kebijakan The Fed untuk melawan inflasi, industri seperti maskapai penerbangan dan restoran tidak dapat menemukan cukup pekerja.

"Pasar tenaga kerja tidak lagi panas," kata Profesor Keuangan dan Ekonomi di Loyola Marymount University di Los Angeles Sung Won Sohn.

"Tapi itu tetap cukup sehat dan tidak memenuhi definisi luas dari National Bureau of Economic Research tentang kontraksi dalam perekonomian," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER