Survei BI: Keyakinan Konsumen ke Ekonomi RI Menurun pada Juli 2022

tim | CNN Indonesia
Senin, 08 Agu 2022 20:50 WIB
Bank Indonesia (BI) mencatat indeks keyakinan konsumen (IKK) terhadap ekonomi RI turun dari 128,2 menjadi 123,2 pada Juli 2022. Bank Indonesia (BI) mencatat indeks keyakinan konsumen (IKK) terhadap ekonomi RI turun dari 128,2 menjadi 123,2 pada Juli 2022. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bank Indonesia (BI) mencatat indeks keyakinan konsumen (IKK) terhadap ekonomi RI turun dari 128,2 menjadi 123,2 pada Juli 2022. Hal ini berdasarkan survei konsumen BI yang dilakukan bulan lalu.

Kendati turun, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap terjaga. Pasalnya, hasil survei berada pada area optimistis atau lebih dari 100.

"Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi pada Juli 2022 tetap terjaga," ujar Erwin dalam keterangan resmi, Senin (8/8).

Menurt Erwin, optimisme konsumen pada Juli 2022 terjaga juga ditopang oleh tetap kuatnya ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan, terutama ekspektasi terhadap penghasilan.

"Konsumen juga mempersepsikan kondisi ekonomi saat ini tetap baik, meski sedikit menurun dari capaian pada bulan sebelumnya," ujanrya.

Tercatat, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Juli 2022 terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan ke depan sebesar 135,5. Angka tersebut masih terbilang kuat, meski lebih rendah dari bulan sebelumnya, 141,8.

Survei konsumen merupakan survei bulanan BI untuk mengetahui keyakinan konsumen mengenai kondisi ekonomi yang tercermin dari persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspetasi konsumen terhadap kondisi perekonomian ke depan.

Indeks keyakinan konsumen merupakan salah satu indikator perkembangan konsumsi rumah tangga dalam Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

(sfr/sfr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER