Basuki Sebut Tanda Tangan Kontrak Proyek IKN Akhir Agustus 2022

tim | CNN Indonesia
Kamis, 11 Agu 2022 21:05 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan penandatanganan lelang proyek infrastruktur Ibu Kota Nusantara, Kaltim, dilakukan akhir Agustus 2022. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan penandatanganan lelang proyek infrastruktur Ibu Kota Nusantara, Kaltim, dilakukan akhir Agustus 2022. (CNN Indonesia/Tiara Sutari).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan penandatanganan lelang untuk proyek infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dilakukan akhir Agustus 2022. Setelahnya, konstruksi pembangunan fisik akan dimulai.

"Tanda tangan kontrak (akhir Agustus). Habis itu langsung konstruksi," kata Basuki di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis (11/8).

Ia memastikan tidak ada masalah ketersediaan anggaran dari pemerintah untuk memulai pembangunan fisik tahun ini. Ia menyebut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara prinsip sudah.

"Untuk DIPA-nya saya pikir Menteri Keuangan sudah oke. Lagi ditelaah, biasanya dengan eselon I nya, biasanya untuk masuk di dalam dokumen DIPA. Tidak masalah," ujarnya.

Ia merinci sejumlah proyek infrastruktur yang pembangunannya ditargetkan segera dimulai, antara lain, proyek untuk pematangan lahan (land development), jalan tol, jalan, jalan nasional, jalan logistik, dan rumah susun pekerja.

Selain itu, pemerintah juga segera menyiapkan lelang untuk pembangunan proyek Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara atau (KIPP).

"(Istana) baru mau tender. Land development-nya sudah, tol-nya sudah tender, kemudian yang logistik sudah. Rumah susun untuk para pekerja juga mudah-mudahan akhir bulan ini sudah ada penetapan pemenang," terangnya.

Lebih lanjut, optimistis bisa optimal menyerap anggaran pembangunan IKN pada tahun ini yang sebesar Rp5,4 triliun.

"Dulu kita bisa lebih, Rp7 triliun sekian. Tapi karena ini baru bisa mau September, kita kurangiRp5,4 triliun. Kalau tidak, ada sisa DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) kan malu juga, minta banyak tidak bisa serap," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER