DANA Tuntaskan Investasi Baru dengan Sinar Mas dan Lazada Group

DANA | CNN Indonesia
Jumat, 12 Agu 2022 12:04 WIB
Aplikasi dompet digital, DANA mengumumkan penyelesaian transaksi investasi terbaru dari Sinar Mas dan perusahaan e-commerce Lazada Group. Ilustrasi penggunaan dompet digital DANA. (Foto: dok. DANA).
Jakarta, CNN Indonesia --

DANA, perusahaan teknologi keuangan berbasis dompet digital yang menyediakan platform untuk pembayaran dan layanan keuangan, mengumumkan penyelesaian transaksi investasi terbaru dari Sinar Mas dan perusahaan e-commerce Lazada Group pada Rabu (10/8).

CEO dan Co-founder DANA Indonesia, Vince Iswara mengatakan, investasi teranyar ini membuktikan kepercayaan dan keyakinan kedua investor baru terhadap visi, strategi, dan peran penting DANA dalam mempercepat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Melalui investor lokal dan regional seperti Sinar Mas dan Lazada Group, bersama dengan dukungan berkelanjutan dan tak tergoyahkan dari EMTEK Group dan Ant Group, Vince yakin DANA berada di posisi yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan platform ekosistem terbuka yang mampu menopang pesatnya digitalisasi di Indonesia.

"Kami yakin bahwa kekuatan plaform teknologi keuangan DANA akan memberikan banyak nilai strategis kepada investor berharga kami dalam mewujudkan visi kami untuk masyarakat nontunai Indonesia yang memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang lebih baik," kata Vince.

Menurut Vince, dukungan dari seluruh pemegang saham akan memperkuat langkah DANA, di mana DANA akan terus meningkatkan layanan keuangan digital, juga mengakselerasi literasi dan inklusi keuangan guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kami juga percaya investasi ini merupakan bagian dari pengembangan bisnis yang akan mempersiapkan DANA untuk fase pertumbuhan selanjutnya," ujarnya.

Visi DANA untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan itu sejalan dengan prioritas strategis pemerintah dan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang disusun oleh Bank Indonesia. Dengan estimasi lebih dari 43 persen populasi yang tidak memiliki rekening bank (unbanked), pembayaran digital menjadi gerbang utama bagi masyarakat demi mendapat akses layanan keuangan.

Berdasarkan data Bank Indonesia, pembayaran digital telah melampaui transaksi kartu kredit dan debit sebagai alat pembayaran, khususnya dari sisi volume transaksi, dengan nilai mencapai lebih dari 16 miliar transaksi di tahun 2021. Sementara dari nilai transaksi, pembayaran digital juga melampaui kartu kredit secara signifikan yakni sebesar Rp786 triliun dibandingkan raihan Rp245 triliun pada 2021.

Untuk itu, DANA terus memperluas akses dan literasi masyarakat untuk memperoleh layanan keuangan digital berbasis gaya hidup yang holistik, yang penting di masa pemulihan ekonomi pasca pandemi. Hasilnya, pada 2020 DANA mendapat pengakuan dari Bank Indonesia sebagai pelaksana sistem QRIS terbaik. DANA juga menjadi anggota working group dalam perumusan pedoman teknis dan tata kelola SNAP.

Dengan perkiraan lebih dari 65 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), DANA juga fokus mendukung digitalisasi mitra DANA Bisnis di seluruh Indonesia. Kapabilitas yang DANA miliki mampu mendukung offline dan online merchants untuk melakukan proses onboarding mandiri dalam waktu kurang dari satu jam, dan dapat langsung menerima dengan aman berbagai jenis instrumen pembayaran, sama seperti berbagai merchant terbesar di Indonesia.

Di samping itu, DANA juga menawarkan merchant platform yang mudah digunakan dan kemampuan untuk menyelesaikan pembayaran secara real-time.

(osc/osc)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER