Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan via Mobile JKN

tim | CNN Indonesia
Minggu, 14 Agu 2022 13:00 WIB
Untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan, dapat dilakukan secara online lewat aplikasi Mobile JKN. Berikut cara cek nomor BPJS Kesehatan via Mobile JKN. Ilustrasi. Untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan, dapat dilakukan secara online lewat aplikasi Mobile JKN. Berikut cara cek nomor BPJS Kesehatan via Mobile JKN. (iStockphoto/Sitthiphong)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nomor BPJS Kesehatan diperlukan setiap peserta hendak menggunakan layanan kesehatan. Untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan, dapat dilakukan secara online lewat aplikasi Mobile JKN.

Berikut cara cek nomor BPJS Kesehatan via Mobile JKN.

Mobile JKN adalah aplikasi program Jaminan Kesehatan Nasional yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan. Peserta hanya perlu mengunduh aplikasi Mobile JKN di App Store atau Google Play Store.

Kemudian, registrasi sesuai identitas kepesertaan di BPJS Kesehatan. Jika sudah terhubung, aplikasi ini bisa digunakan untuk cek nomor BPJS Kesehatan online.

Namun, peserta perlu menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk (KTP) terlebihi dahulu. Sebab, cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK di Mobile JKN.


Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK via Mobile JKN

Petugas menunjukan cara pelayanan administrasi menggunakan Whatsapp di kantor BPJS Kesehatan Cabang Padang, Sumatera Barat, Selasa (2/11/2021). BPJS Kesehatan Cabang Padang menganjurkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat menggunakan layanan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) untuk memudahkan pelayanan tanpa tatap muka. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc.Ilustrasi. Cara cek nomor BPJS Kesehatan via Mobile JKN dengan menggunakan NIK KTP. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Berikut cara cek nomor BPJS Kesehatan via Mobile JKN hanya dengan menggunakan NIK KTP.

  1. Buka aplikasi Mobile JKN di handphone (HP) peserta
  2. Masuk atau log in ke akun peserta dengan memasukkan NIK KTP dan password yang sudah didaftarkan
  3. Isi kode captcha sesuai yang diminta
  4. Pilih 'Info Peserta'
  5. Muncul nomor peserta BPJS Kesehatan di identitas peserta
  6. Cara lain, pilih 'Profil' di beranda aplikasi. Lalu, akan muncul nomor peserta BPJS Kesehatan di identitas peserta

Selain untuk cek nomor BPJS Kesehatan, aplikasi Mobile JKN juga memuat informasi dan layanan lain yang bisa digunakan peserta.

Misalnya, informasi program JKN. Pada menu ini, peserta bisa mendapat informasi seputar pendaftaran, hak dan kewajiban, sanksi, fasilitas dan manfaat, info cara pembayaran, sampai tanya jawab umum.

Peserta juga bisa mendapat informasi lokasi fasilitas kesehatan (faskes) terdekat dan cek status BPJS Kesehatan. Begitu juga dengan info ketersediaan tempat tidur di faskes, pendaftaran peserta baru, pendaftaran antrean pelayanan, dan konsultasi dokter.

Kemudian, peserta juga bisa melihat informasi jadwal tindakan operasi yang sudah didaftarkan, memberi pengaduan layanan JKN, mengubah data kepesertaan, dan mengetahui informasi seputar iuran BPJS Kesehatan.

Selain melalui Mobile JKN, cara cek nomor BPJS Kesehatan juga bisa melalui situs resmi perusahaan, SMS, sampai dengan mengunjungi kantor cabang terdekat.

Itulah cara cek nomor BPJS Kesehatan via Mobile JKN. Semoga membantu.

(uli/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER