Kemendag Targetkan Pembentukan Bursa Kripto di RI Kelar Tahun Ini

Tim | CNN Indonesia
Senin, 15 Agu 2022 17:34 WIB
Kemendag menargetkan pembentukan bursa kripto di RI kelar tahun ini. Untuk mendukung itu, Bappebti tengah menyiapkan sejumlah regulasi. Kemendag menargetkan pembentukan bursa kripto di RI kelar tahun ini. Untuk mendukung itu, Bappebti tengah menyiapkan sejumlah regulasi. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni).
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menargetkan pembentukan bursa mata uang kripto Indonesia rampung tahun ini.

Ia mengatakan saat ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) tengah mempersiapkan persyaratan dan regulasi yang harus dipenuhi.

"Nah ini yang kami harapkan dapat diselesaikan dalam waktu dekat, mudah-mudahan tahun ini," kata Jerry dalam konferensi pers, Senin (15/8).

Ia pun mengaku tidak ingin terburu-buru dalam menyiapkan syarat dan regulasi itu. Pasalnya, ia ingin lebih berhati-hati dalam mempersiapkan semuanya agar tidak ada permasalahan yang datang di kemudian hari.

"Kami ingin semua lengkap, persyaratan dilalui dan comply dengan peraturan," imbuhnya.

Sebelumnya, rencana pembangunan bursa kripto di Indonesia digagas Bappebti pada 2021. Saat itu, Ketua Bappebti Sidharta Utama mengatakan pembentukan bursa tersebut bertujuan untuk perlindungan pelaku usaha.

"Bursa ini fokusnya pada perlindungan pelaku usaha agar hubungan antar semua pihak bisa berjalan dengan baik, antara pedagang, investor, maupun dengan lembaga lain bisa jelas dan aman," ujarnya dalam keterangan resmi.

Menurutnya, perkembangan kripto yang demikian cepat menuntut segera dibentuknya piranti regulasi dan lembaga yang menaunginya.

Saat ini, ada ribuan jenis aset kripto. Dari ribuan jenis itu, Bappebti sudah mengeluarkan 383 aset kripto yang bisa diperdagangkan di Indonesia.

Jumlah ini naik dari sebelumnya, yakni 229 jenis. Artinya, ada 154 jenis kripto baru yang sah diperjualbelikan hingga Agustus 2022 ini.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER