Puan Ingatkan Pemerintah: Jangan Lagi Ada Kelangkaan Minyak Goreng

tim | CNN Indonesia
Selasa, 16 Agu 2022 11:43 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah agar kelangkaan minyak goreng tak terulang di dalam negeri. Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah agar kelangkaan minyak goreng tak terulang di dalam negeri. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah agar kelangkaan minyak goreng tak terulang karena Indonesia merupakan penghasil CPO terbesar di dunia. 

"Ke depan jangan terjadi lagi permasalahan seperti kelangkaan minyak goreng di negeri sendiri, yang merupakan negara penghasil CPO terbesar di dunia," ujar Puan dalam Sidang Tahunan MPR RI, Selasa (16/8).

Puan mengatakan Indonesia perlu memperkuat upaya yang fokus pada peningkatan produktivitas pangan, industri pangan, dan kesejahteraan petani. Selain itu, Puan berharap Indonesia tidak hanya menjadi sasaran pasar dari produk luar negeri.

"Kita ingin dapat berdikari di bidang ekonomi melalui industri nasional. Kita juga tidak ingin bangsa Indonesia hanya menjadi kuli di negerinya sendiri," Ujar Puan.

Beberapa waktu lalu, warga sempat kesulitan membeli minyak goreng di ritel modern. Saat itu, pemerintah menetapkan harga minyak goreng kemasan harus dijual Rp14 ribu per liter di ritel modern di tengah lonjakan harga CPO.

Namun, setelah aturan itu dicabut, pasokan minyak goreng kembali melimpah di pasaran. Hanya saja, harga minyak goreng kemasan belum kembali seperti tahun lalu yang rata-rata Rp28 ribu-Rp30 ribu per 2 liter di Jabodetabek.

Berdasarkan hargapangan.id, rata-rata harga minyak goreng kemasan bermerk sebesar Rp21.700 per kg dan minyak goreng curah Rp15 ribu per kg.

[Gambas:Video CNN]

(fby/aud)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER