Jokowi Klaim 2 Decacorn dan 9 Unicorn Milik Indonesia

tim | CNN Indonesia
Selasa, 16 Agu 2022 16:14 WIB
Presiden Jokowi mengatakan RI punya dua decacorn dan sembilan unicorn sekarang. Presiden Jokowi mengatakan RI punya dua decacorn dan sembilan unicorn sekarang. (Antara/Galih Pradipta).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia memiliki dua decacorn dan sembilan unicorn saat ini.

"Digitalisasi ekonomi telah melahirkan dua decacorn dan sembilan unicorn," ungkap Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI, Selasa (16/8).

Unicorn adalah perusahaan rintisan (startup) dengan nilai valuasi lebih dari US$1 miliar. Sementara, decacorn merupakan perusahaan yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$10 miliar.

Jokowi meminta sembilan unicorn dan dua decacorn membantu pemberdayaan UMKM di Indonesia. Sebab, belum banyak UMKM yang memanfaatkan ekosistem digital sampai sekarang.

Berdasarkan catatan Jokowi, baru 19 juta UMKM yang masuk ekosistem digital. Pemerintah sendiri menargetkan 30 juta UMKM masuk ke ekosistem digital pada 2024 mendatang.

"Berbagai bantuan pendanaan murah juga terus dilanjutkan. Penayangan produk UMKM di E-katalog pemerintah diharapkan akan menyerap produk UMKM," jelas Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menargetkan 20 juta UMKM terhubung dalam ekosistem digital pada 2022. Target itu naik tipis dibandingkan realisasi tahun lalu, di mana 16,9 juta pelaku UMKM sudah terjun ke ranah digital.

[Gambas:Video CNN]

(aud/bir)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER