Transjakarta Bakal Ubah Bus Tenaga Diesel ke Listrik

tim | CNN Indonesia
Kamis, 18 Agu 2022 16:42 WIB
PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan mengubah armada bus tenaga diesel menjadi tenaga listrik demi mempercepat transisi ke energi ramah lingkungan. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan mengubah armada bus tenaga diesel menjadi tenaga listrik demi mempercepat transisi ke energi ramah lingkungan. Ilustrasi. (Indonesia/Yogi Anugrah).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan mengubah (retrofit) armada bus tenaga diesel menjadi tenaga listrik.

Untuk mengubah bus yang telah ada menjadi bus bertenaga listrik, Transjakarta pun bekerja sama dengan PT VKTR Teknologi Mobilitas dan perusahaan spesialis elektrifikasi kendaraan komersial asal Inggris, Equipmake Holdings PLC.

Hal tersebut dilakukan demi mempercepat transformasi dari energi fosil ke energi yang lebih ramah lingkungan.

Direktur Utama Transjakarta Yana Aditya mengatakan dengan kerja sama tadi, pihaknya akan melakukan pilot project terlebih dahulu pada beberapa armada tahun ini.

"Jadi ada beberapa bus kami yang nanti akan diganti mesinnya dari tenaga diesel ke listrik," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Pusat Transjakarta, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (18/8).

Yana pun menargetkan pada pada 2030 sudah ada 10 ribu bus listrik yang beroperasi. Namun, dengan upaya meretrofit bus tenaga diesel ini ia yakin target itu bisa diwujudkan dalam waktu yang lebih singkat.

Ia menyebut saat ini di Jakarta baru mengoperasikan 30 unit bus listrik. Yana percaya diri akan ada 74 unit bus listrik di Ibu Kota jelang September 2022.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria optimistis konversi mesin bus listrik ini bisa sukses dijalankan di Ibu Kota. Pasalnya, retrofit ini pun sudah berhasil dilakukan di Inggris.

"Kami nanti akan lihat sejauh mana kemampuan dan kecepatannya. Prinsipnya kami ada 3.500 yang siap (diretrofit)," kata dia.

Riza pun mengatakan dengan retrofit ini dana yang dikeluarkan akan lebih sedikit dibanding mengganti dengan bus baru. Ia mengklaim bisa menghemat dana sebanyak 40 persen dari total harga bus listrik baru.

Ia menyebut harga bus listrik baru bisa mencapai Rp5 miliar hingga Rp5,2 miliar. "Dengan program ini kami bisa menghemat setidaknya 40 persen," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER