Dalih Mendag soal Lonjakan Harga Telur: Karena Program Kemensos

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 18:30 WIB
Mendag Zulkifli Hasan berdalih lonjakan harga telur belakangan ini dipicu program bantuan sosial yang dilaksanakan Kemensos. Berikut penjelasannya. Jokowi mengklaim subsidi dan kompensasi sektor energi mencapai Rp502,4 triliun pada tahun ini. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Aceh, CNN Indonesia --

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengakui harga telur ayam melejit belakangan ini. 

Ia berdalih kenaikan harga tersebut terjadi karena program bantuan sosial berbentuk bagi-bagi telur yang dilaksanakan Kemensos. Ia mengatakan program tersebut telah membuat permintaan telur melonjak.

Alhasil, harga telur di sejumlah daerah melonjak.

"Telur itu kenapa mahal karena ada program dari Kemensos bagi-bagi sosialnya itu dalam bentuk telur. Jadi ada satu waktu mesannya itu banyak sekali, sehingga harga naik," kata Zulkifli saat memantau harga sembako di Pasar Al Mahirah, Banda Aceh, Jumat (19/8).

Namun, ia memastikan kenaikan harga telur tersebut tidak akan berlangsung lama. Menurutnya, harga telur akan kembali normal dalam waktu dekat.

"Tapi ini naiknya hanya sementara, setelah itu akan stabil," kata Zulhas.

Harga telur ayam melonjak di pasar tradisional berbagai wilayah Indonesia. Di Jakarta, bahkan harga telur ayam dibanderol Rp31 ribu per kilogram (kg).

Mengutip pusat informasi harga pangan strategis (PIHPS) nasional, Jumat (18/8), rata-rata nasional harga telur ayam ras segar mencapai Rp28.050 per kg. Harga telur ayam ras segar terendah ada di Bali dan Jambi di posisi Rp25.400 ribu per kg.

Sementara, harga telur ayam tertinggi ada di Papua dan Papua Barat masing-masing Rp34.650 per kg dan Rp39.600 per kg.

Di Jawa Timur, harga telur ayam dibanderol Rp29.200 per kg. Sedangkan di Jawa Tengah Rp29.600 per kg dan di Jawa Barat dijual Rp30.950 per kg.

Untuk di Sumatera Utara telur ayam dijual Rp29.300 per kg dan di Lampung harga telur mencapai Rp28.950 per kg.

[Gambas:Video CNN]

(dra/agt)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER