McDonald's Digugat Rp151 T Atas Tuduhan Rasis dalam Memasang Iklan

tim | CNN Indonesia
Senin, 26 Sep 2022 11:45 WIB
McDonald's digugat US$10 miliar atau setara Rp151,2 triliun oleh Bos Allen Media Group berkulit hitam Byron Allen terkait tuduhan melakukan perbuatan rasis. McDonald's digugat US$10 miliar atau setara Rp151,2 triliun oleh Bos Allen Media Group berkulit hitam Byron Allen terkait tuduhan melakukan perbuatan rasis. ( AFP/-).
Jakarta, CNN Indonesia --

McDonald's digugat US$10 miliar atau setara Rp151,2 triliun (kurs Rp15.124 per dolar AS) oleh Bos Allen Media Group berkulit hitam Byron Allen terkait tuduhan melakukan perbuatan rasis.

Perbuatan rasis itu ia tuduhkan karena McDonald's hanya mengalokasikan anggaran sekitar US$5 juta untuk beriklan ke media milik orang kulit hitam. Termasuk medianya.

Padahal, anggaran iklan tahunan McDonald's mencapai US$1,6 miliar. Ia menilai perbuatan McDonald's itu telah mencederai hak bisnis perusahaan yang dimiliki Afrika-Amerika dalam ekonomi AS.

Ia juga menyebut masalah itu juga mengganggu inklusi ekonomi. 

"McDonald's mendapatkan miliaran dari konsumen Afrika-Amerika dan hampir tidak mengembalikan apa pun. Defisit perdagangan terbesar di Amerika adalah antara perusahaan kulit putih Amerika dan Amerika hitam, dan McDonald's bersalah karena melanggengkan perbedaan ini," katanya seperti dikutip dari CNN Business, Senin (26/9).

Gugatan ini rencananya disidangkan pada Mei 2023. Pengadilan federal AS sudah meminta Allen dan perusahaannya, Allen Media Group membuktikan tuduhannya di pengadilan.

[Gambas:Video CNN]


Sementara itu, pengacara McDonald's Loretta Lynch yang merupakan jaksa agung AS selama pemerintahan Obama mengatakan gugatan yang diajukan Allen itu tak berdasar. Ia menilai gugatan hanya terkait masalah pendapatan.

"Bukan ras, dan tuduhan tak berdasar penggugat mengabaikan alasan bisnis sah McDonald's untuk tidak berinvestasi lebih banyak pada saluran mereka dan hubungan bisnis jangka panjang perusahaan dengan banyak mitra milik beragam lainnya," kata Lynch yang sekarang dalam praktek pribadi dengan firma hukum Paul Weiss.

Sengketa soal masalah ras tidak dialami McDonald's pada kali ini saja. Pada 2021, mereka juga sempat digugat pemilik waralaba berkulit hitam yang menuduh perusahaan mengarahkannya ke restoran yang kurang menguntungkan di daerah berpenghasilan rendah, terutama lingkungan kulit hitam karena rasnya.

(agt/sfr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER