LPS Tak Jamin Simpanan Bunga 'Selangit' di Bank Digital

tim | CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 16:26 WIB
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menekankan tidak menjamin simpanan nasabah di bank digital yang memberikan bunga di atas suku bunga penjaminan LPS. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menekankan tidak menjamin simpanan nasabah di bank digital yang memberikan bunga di atas suku bunga penjaminan LPS. (Herman Setiyadi).
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menekankan tidak menjamin simpanan nasabah di bank digital yang memberikan bunga tinggi.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan bunga tinggi yang dimaksud adalah di atas besaran bunga penjaminan LPS. Kendati demikian, LPS tak melarang bank digital memberikan bunga tinggi.

"Biar saja (bank digital menawarkan bunga simpanan gede-gedean), selama mereka transparan, mengumumkan kepada nasabahnya bahwa suku bunga itu tidak dijamin oleh LPS," ujar Purbaya dalam konferensi pers virtual, Selasa (27/9).

Bank digital, kata Purbaya, bakal dipanggil bila memberikan bunga simpanan tinggi jika tidak mengumumkan kepada nasabahnya bahwa simpanan tersebut tidak dijamin LPS.

Setelah pemanggilan, LPS bakal menyampaikan langsung ke nasabah bahwa tak ada jaminan dari negara terkait simpanannya.

Berdasarkan catatan Purbaya, masih ada beberapa bank digital yang memberikan bunga besar-besaran.

"Saya tidak pegang data resminya. Tapi saya dengar ada yang menawarkan (bunga simpanan) sampai 8 persen," jelasnya.

Sementara itu, dia meyakini semua bank digital yang memberikan bunga tinggi sudah mematuhi aturan dengan tak mencantumkan nama LPS sebagai penjamin dan memberitahu kepada nasabahnya. Hal ini sejalan dengan ketentuan yang diatur Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Tapi rasanya OJK sudah memberi warning peraturan ke mereka (bank digital) untuk tidak menaruh kata-kata dijamin LPS ketika mereka memberi bunga di atas suku bunga penjaminan LPS," imbuhnya.

Saat ini, bunga penjaminan LPS tercatat sebesar 3,50 persen. Mulai 1 Oktober 2022, bunga penjaminan naik 25 basis poin menjadi 3,75 persen untuk tabungan rupiah di bank umum.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER