WTO Prediksi Perdagangan Global Merosot, Tak Sampai 3 Persen di 2022

tim | CNN Indonesia
Rabu, 28 Sep 2022 19:54 WIB
Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memperkirakan kinerja perdagangan global sepanjang 2022 akan menurun, di bawah 3 persen. Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memperkirakan kinerja perdagangan global sepanjang 2022 akan menurun, di bawah 3 persen. (iStockphoto/jxfzsy).
Jakarta, CNN Indonesia --

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memperkirakan kinerja perdagangan global sepanjang 2022 akan menurun, di bawah 3 persen. 

Mengutip CNA, Selasa (27/9), Direktur Jenderal Ngozi Okonjo-Iweala mengatakan pihaknya akan merevisi perkiraan perdagangan global lebih rendah dari 3 persen hingga akhir tahun ini.

Hal ini disebabkan karena perang Rusia-Ukraina yang masih terus berlangsung, dan berdampak pada krisis pangan serta energi.

"Kami sedang merevisi perkiraan kami sekarang tetapi tidak terlihat sangat menjanjikan. Semua indikator menunjuk ke angka penurunan," kata Direktur Jenderal Ngozi Okonjo-Iweala kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

"Prospeknya terlihat suram," katanya, tanpa memberikan perkiraan pasti.

WTO telah merevisi turun perkiraan pertumbuhan perdagangan global tahun ini menjadi 3 persen dari 4,7 persen pada April. Sedangkan kinerja perdagangan global pada 2023 diperkirakan berada di angka 3,4 persen.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER