Dolar Membara, Pemerintah Lirik Utang Pakai Mata Uang Lain

tim | CNN Indonesia
Rabu, 28 Sep 2022 20:09 WIB
Nilai tukar rupiah yang tembus Rp15.200 per dolar AS pada hari ini, Rabu (28/9), membuat pemerintah melirik utang dengan mata uang lain. Nilai tukar rupiah yang tembus Rp15.200 per dolar AS pada hari ini, Rabu (28/9), membuat pemerintah melirik utang dengan mata uang lain. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Nilai tukar rupiah yang tembus Rp15.200 per dolar AS pada hari ini, Rabu (28/9), membuat pemerintah melirik utang dengan mata uang lain.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo melihat penguatan dolar AS terhadap sejumlah mata uang, termasuk rupiah akan terus berlanjut.

Hal ini ditopang oleh kenaikan suku bunga bank sentral AS The Federal Reserves serta dolar AS yang dianggap sebagai safe haven, sehingga pemerintah harus mencari utang yang lebih murah.

"Tapi yang menarik rupiah justru menguat terhadap mata uang lainnya khususnya seperti yen (Jepang), GBP (poundsterling Inggris), maupun euro (Eropa). Ini memang jadi pemikiran buat kita untuk mencari pendanaan dari currency lain karena yen maupun euro dan GBP memang melemah," kata Tiko, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Rabu (28/9).

Menurut Tiko, dolar AS yang makin mahal memang sudah menjadi perhatian. Terlebih, kondisi inflasi yang terus menanjak dan membuat kebijakan The Fed makin agresif.

"Tentunya ini jadi 'PR' kita bersama dan di asset management bank kita sedang mereview untuk melakukan juga beberapa konversi untuk mengurangi exposure terhadap USD-IDR," jelasnya.

Saat ini, pemerintah sedang mempertimbangkan untuk menerbitkan utang dengan tiga mata uang utama selain dolar AS, yakni yen Jepang, euro Eropa dan yuan China.

"Kalau enggak di dolar ada opsi di yen, samurai bond, terus di euro atau bahkan beberapa mungkin di China. Dulu sempat buka ada dimsum bond (China) dan sebagainya dan ini sedang kita kaji," kata Tiko.

Sebelumnya, nilai tukar rupiah tembus Rp15.236 per dolar AS pukul 10.41 WIB pada perdagangan Rabu (28/9). Angka itu merupakan level tertinggi pada tahun ini.

Mata uang garuda tercatat melemah 110 poin atau 0,73 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya. Pagi ini, rupiah sudah bergerak dalam rentang Rp15.165-Rp15.264 per dolar AS.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER