Gibran Minta UMKM Manfaatkan Fasilitas Pemerintah untuk Hadapi Resesi

tim | CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 19:35 WIB
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta pengusaha UMKM memanfaatkan fasilitas pemerintah sebagai antisipasi ancaman resesi di Indonesia. Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta pengusaha UMKM memanfaatkan fasilitas pemerintah sebagai antisipasi ancaman resesi di Indonesia. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA).
Solo, CNN Indonesia --

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta pengusaha UMKM memanfaatkan fasilitas pemerintah sebagai antisipasi ancaman resesi di Indonesia.

Dalam hal ini, Gibran mengatakan pihaknya terus mengadakan berbagai event untuk menopang ekonomi kota Solo.

"Kita siapkan warga biar tetap resilience (tangguh) menghadapi cobaan itu. Daya beli kita trigger pakai event-event. Jumat sabtu minggu kebak kabeh event-e (penuh semua event-nya)," kata Gibran usai meninjau pembangunan GOR Indoor Manahan, Jumat (30/9).

Event-event tersebut diyakini akan menambah jumlah uang yang berputar di Solo. Sebagian besar, agenda tersebut diselenggarakan oleh perusahaan atau organisasi besar.

Namun Gibran memastikan seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati dampak positif dari event tersebut.

"UMKM kita libatkan pasti. Kan semuanya kecipratan. Ojol, wedangan, parkir. Sekaten kemarin meskipun banyak komplain tapi kan tetap kecipratan kabeh," katanya.

Ia pun mendorong agar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Solo memanfaatkan fasilitas yang disediakan pemerintah.

"Mohon dimanfaatkan fasilitas yang udah ada. Pelatihan-pelatihan, pinjaman lunak, tolong dimanfaatkan semua. Itu bagus untuk mendukung UMKM biar bisa naik kelas," kata Gibran

Meski demikian, ia tetap optimistis Kota Solo bisa melalui resesi yang mengancam tahun depan. Ia yakin warga Solo akan bisa kembali bangkit dari tekanan krisis ekonomi.

"Kan kita sudah melewati dua tahun terakhir dengan berat juga. Tapi kan akhirnya ya terlewati to. Tetap optimis. Tenang aja," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(syd/dzu)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER