Selandia Baru Naikkan Suku Bunga 50 Bps Tertinggi dalam 7 Tahun

tim | CNN Indonesia
Rabu, 05 Okt 2022 16:55 WIB
Bank sentral Selandia Baru mengerek suku bunganya sebesar 50 basis poin menjadi 3,5 persen, tertinggi dalam 7 tahun terakhir. Bank sentral Selandia Baru mengerek suku bunganya sebesar 50 basis poin menjadi 3,5 persen, tertinggi dalam 7 tahun terakhir. (Wikimedia Commons/Flickr/Brett Taylor from Wellington).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bank sentral Selandia Baru mengerek suku bunga acuannya sebesar 50 basis poin menjadi 3,5 persen, tertinggi dalam 7 tahun terakhir. 

Kenaikan itu menjadi upaya Selandia Baru dalam meredam lonjakan inflasi di tengah ketegangan ekonomi global.

Mengutip Reuters, Rabu (5/10), Komite kebijakan Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) menaikkan suku bunga resmi sebesar 50 basis poin menjadi 3,5 persen, langkah kelima yang terlalu besar dan kenaikan kedelapan dalam 12 bulan.

Komite tersebut bahkan tengah membahas apakah ada peluang untuk menaikkan suku bunga 75 basis poin mengingat tekanan harga yang intens dalam perekonomian, tetapi memutuskan untuk mengambil langkah setengah poin.

"Komite setuju bahwa tetap tepat untuk terus memperketat kondisi moneter dengan kecepatan untuk menjaga stabilitas harga dan berkontribusi pada pekerjaan berkelanjutan yang maksimal," kata Gubernur RBNZ Adrian Orr dalam sebuah pernyataan.

"Inflasi harga konsumen inti terlalu tinggi dan sumber daya tenaga kerja langka," imbuhnya. 

Komentar hawkish kontras dengan perubahan dovish oleh Reserve Bank of Australia yang turun ke kenaikan 0,25 poin pada pertemuan kebijakan pada hari Selasa.

Investor bereaksi dengan mendorong dolar kiwi naik 0,9 persen menjadi US$0,578, sementara tingkat swap dua tahun naik 6 basis poin menjadi 4,51 persen. Harga telah jatuh 25 basis poin pada Selasa dalam penurunan harian terbesar sejak 2001.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER