Wings Group Bantah Mie Sedaap yang Ditarik Mengandung Pestisida

CNN Indonesia
Kamis, 06 Okt 2022 18:31 WIB
Wings Group selaku perusahaan induk dari Mie Sedaap membantah bahwa produk mi instannya menggunakan etilen oksida (EtO) atau pestisida. Wings Group selaku perusahaan induk dari Mie Sedaap membantah bahwa produk mi instannya menggunakan etilen oksida (EtO) atau pestisida. (CNBC Indonesia/Damiana Cut Emeria).
Jakarta, CNN Indonesia --

Wings Group selaku perusahaan induk dari Mie Sedaap membantah bahwa produk mi instannya menggunakan etilen oksida (EtO) atau pestisida yang digunakan untuk fumigasi.

Wings Group menegaskan Mie Sedaap memenuhi standar pangan internasional dan aman dikonsumsi meski ditarik dari Singapura dan Hong Kong.

"Mie Sedaap memastikan tidak ada penggunaan etilen oksida (EtO) dan telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi," ujar Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia Sheila Kansil kepada CNNIndonesia.com, Kamis (6/10).

Wings Group juga menyinggung klarifikasi BPOM tertanggal 29 September 2022 yang mengatakan produk Mie Sedaap yang beredar di Indonesia memenuhi persyaratan yang ada.

Namun, Badan Pangan Singapura (SFA) menarik dua varian Mie Sedaap dari peredaran dengan alasan mengandung pestisida jenis EtO, sama seperti temuan di Hong Kong 27 September lalu.

SFA lantas meminta Sheng Sheng F&B Industries untuk menarik dua varian Mie Sedaap, yakni Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken.

"Etilen oksida adalah pestisida yang tidak diizinkan untuk digunakan dalam makanan," kata SFA dalam keterangan, dikutip dari CNA.

Sesuai aturan makanan di Singapura, etilen oksida diizinkan untuk digunakan dalam sterilisasi rempah-rempah.

Penarikan Mie Sedaap Korean Spicy Soup berlaku untuk produk dengan masa kedaluwarsa 17 Maret 2023. Sementara, penarikan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken berlaku untuk produk dengan masa kedaluwarsa 21 Mei 2023.

Korean Spicy Chicken juga menjadi varian yang ditarik di Hong Kong usai ditemukan kandungan pestisida jenis etilen oksida.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER