Rusia Siap Kembali Pasok Gas ke Eropa

tim | CNN Indonesia
Jumat, 07 Okt 2022 13:07 WIB
Pemerintah Rusia siap untuk kembali memasok gas ke Eropa melalui bagian pipa Nord Stream 2. Pemerintah Rusia siap untuk kembali memasok gas ke Eropa melalui bagian pipa Nord Stream 2. (AFP/Nikolay Doychinov).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Rusia siap untuk kembali memasok gas ke Eropa melalui bagian pipa Nord Stream 2. 

Mengutip AFP, Jumat (7/10), Wakil Perdana Menteri (PM) Rusia Alexander Novak mengatakan pihaknya siap memasok melalui pipa Nord Stream 2. Pipa itu sendiri belum begitu aktif beroperasi karena penolakan Jerman.

"Infrastruktur sudah siap. Jika keputusan hukum yang diperlukan dibuat oleh rekan-rekan Eropa mengenai sertifikasi dan penghapusan pembatasan, saya pikir Rusia dapat memastikan pasokan melalui jalur pipa gas ini dalam waktu singkat," kata Novak.

Sebelumnya, Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan Eropa akan menghadapi krisis energi yang lebih parah pada 2023. Pasalnya, Eropa telah menguras tangki gas alamnya menjelang musim dingin.

Negara-negara Eropa mengisi tangki penyimpanan gas sekitar 90 persen dari kapasitas setelah Rusia memotong pasokan gas sebagai tanggapan atas sanksi Barat.

Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol mengatakan Eropa bisa bertahan dengan penyimpanan gas 90 persen tersebut di musim dingin. Namun, akan kesulitan di waktu mendatang.

Di sisi lain, harga gas yang melonjak beberapa bulan terakhir akibat invasi Rusia ke Ukraina, perlahan mulai turun. Namun, hal itu diperkirakan tidak bertahan lama karena negara-negara bersaing untuk membeli gas alam cair (LNG) dan alternatif lain untuk pengiriman pipa Rusia.

Demi mengatasi kondisi itu, Uni Eropa sedang mempertimbangkan pembatasan harga gas, tetapi itu menjadi masalah yang telah memecah blok 27 negara karena beberapa negara khawatir hal itu dapat mempersulit mengamankan pasokan.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER