TAIPAN

Wang Chuanfu, Penantang Elon Musk di 'Ring' Mobil Listrik

Christine Novita Nababan | CNN Indonesia
Minggu, 27 Nov 2022 09:40 WIB
Elon Musk yang memproduksi mobil listrik lewat Tesla mendapat pesaing dari China, yakni Wang Chuanfu. Orang terkaya ke-83 di dunia. Elon Musk yang memproduksi mobil listrik lewat Tesla mendapat pesaing dari China, yakni Wang Chuanfu. Orang terkaya ke-83 di dunia. (CNNIndonesia/Basith Subastian).
Jakarta, CNN Indonesia --

Keberanian Wang Chuanfu patut diacungi jempol. Sebab, bisnisnya head to head dengan yang dijalani Elon Musk, orang terkaya di dunia, yakni kendaraan listrik atau mobil listrik.

Chuanfu yang saat ini menjadi orang terkaya ke-11 di China atau ke-83 di dunia versi Forbes tercatat mengantongi kekayaan US$18,8 miliar setara Rp293 triliun.

Chuanfu menggemukkan pundi-pundi kekayaannya dari berjualan mobil listrik BYD. Jangan bayangkan Tesla yang canggih dan dijual selangit oleh Elon Musk ya!

Mobil listrik produksi BYD milik Chuanfu dibanderol murah meriah. Ini berarti, siapa pun bisa berkendara ramah lingkungan. Siapa pun berarti pangsa pasar yang lebih besar tentunya.

Bagaimana perjalanan Chuanfu merintis bisnis hingga menjadi crazy rich China?

Pria kelahiran Wuwei, Anhui, 8 April 1966 silam, tersebut punya latar belakang berbeda dengan Elon Musk. Jika Musk lahir dari keluarga kaya, tidak demikian halnya dengan Chuanfu.

Ia adalah anak keluarga petani miskin. Saat duduk di bangku SMU, Chuanfu sudah menjadi yatim piatu. Ia diasuh oleh kakak laki-laki dan perempuannya.

Usai SMU, ia menempuh pendidikan kimia di Central South University dan melanjutkan studinya untuk mendapatkan gelar master pada 1990 dari Beijing Non-Ferrous Research Institute.

Dari sana, ia menghabiskan beberapa tahun sebagai peneliti pemerintah. Barulah pada 1995, ia mulai menapak ke sektor swasta dan mulai mendirikan perusahaannya sendiri, BYD.

Pada 2003 silam, BYD yang merupakan kependekan dari membangun impian Anda, awalnya memproduksi baterai ponsel terbesar di dunia. Lalu, pada 2008, miliarder AS Warren Buffett melalui Berkshire Hathaway membeli lebih dari 10 persen saham BYD.

Chuanfu yang dikenal dengan ide-ide inovatif dan briliannya saat itu sudah mulai mengepakkan sayap bisnis ke sektor otomotif, khususnya mobil listrik.

Otak encer dan kerja kerasnya berbuah manis. Paruh pertama tahun ini, BYD sudah berhasil menjual 641 ribu unit kendaraan listrik, meski perusahaan hanya mendapat sedikit pengakuan di luar China. Sementara CNBC melaporkan tahun lalu BYD berhasil menjual 130 ribu unit mobil listrik.

Kesuksesan BYD bukan sekejap mata. Menurut Fortune, BYD mampu membangun baterai tahan lama dan kendaraan listrik yang lebih murah daripada pabrikan Amerika dan Jepang.

"Orang ini (Chuanfu) adalah kombinasi dari Thomas Edison dalam memecahkan masalah teknis dan seperti Jack Welch dalam menyelesaikan apa yang perlu dia lakukan. Saya belum pernah melihat orang seperti ini," tutur Munger tentang Chuanfu kepada Fortune dilansir scmp.com.



HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER