Erick Thohir Kunjungi Posko Korban Gempa Cianjur: BUMN Siap Bantu

Kementerian BUMN | CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 18:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi posko korban gempa Cianjur dan memastikan pihaknya akan memberikan beragam bantuan, termasuk penanganan pascagempa. Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi posko korban gempa Cianjur dan memastikan pihaknya akan memberikan beragam bantuan, termasuk penanganan pascagempa. (Foto: Arsip Kementerian BUMN).
Jakarta, CNN Indonesia --

Erick Thohir Kunjungi Posko Korban Gempa Cianjur: BUMN Siap Bantu

Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi korban gempa yang berada di Posko Satgas Bencana BUMN, Kampung Berenuk, Limabangansari, Cianjur, Jumat (25/11) pagi. Erick memastikan Kementerian BUMN akan memberi bantuan secara maksimal kepada para korban terdampak gempa.

Erick menyebut, beragam bantuan akan diberikan. Mulai dari logistik hingga alat berat untuk penanganan pascagempa.

"Tidak hanya bantuan pangan, sandang, air bersih, maupun alat berat, kami juga ingin memastikan kesiapan BUMN untuk membantu penanganan pasca bencana dengan pembangunan Puskesmas anti gempa," kata Erick dalam keterangan resminya.

Satgas Bencana BUMN sendiri sudah hadir sejak Senin (21/11) atau sehari setelah gempa. Dari 137 desa terdampak, Posko Satgas Bencana BUMN akan fokus menjangkau 40 desa dalam menyalurkan bantuan berupa makanan, obat-obatan, petugas kesehatan, tenda pengungsian, dan lain-lain yang dibutuhkan.

Satgas Bencana BUMN hingga kini terus mengirimkan bantuan untuk membantu korban gempa dengan mendirikan 3 posko utama, 9 posko bantuan, 4 posko kesehatan, dan 4 dapur umum yang tersebar di berbagai titik wilayah yang terdampak bencana.

Kementerian BUMN juga telah mengkoordinasikan 58 perusahaan plat merah untuk menurunkan 349 relawan dan 61 tenaga kesehatan dalam membantu lebih dari 60.000 pengungsi mendapatkan bantuan dan tempat tinggal sementara.

Tak hanya itu, Satgas Bencana BUMN juga turut mengirim bantuan untuk penanganan infrastruktur pascagempa. Rinciannya 23 unit bantuan genset dan sanitasi, 33 bantuan alat berat, 17 unit ambulans, 2 unit rescue, dan 168 unit tenda.

Adapun selain ke Posko Satgas Bencana BUMN, Erick juga menyempatkan diri untuk mengecek persiapan di Dapur Umum. Termasuk juga berkunjung ke Posko Trauma Healing untuk anak-anak yang didirikan hasil kolaborasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bersama PT Bio Farma (Persero), PT Pertamina Bina Medika IHC, dan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Posko ini dibangun untuk membantu memulihkan anak-anak korban gempa dari sisi psikologis atas peristiwa yang mereka alami saat terjadi gempa.

"Saya berterima kasih atas kerja kerasnya, atas amanah yang dijaga. Kehadiran di sini adalah untuk memastikan bahwa kita bisa terdepan, kita bisa menjadi satu keluarga besar, dan memberikan solusi bagi masyarakat," ujar Erick.

Untuk diketahui, berdasarkan data per Kamis (24/11), BNPB mencatat total korban gempa di Cianjur telah mencapai 272 jiwa dan baru 162 orang yang teridentifikasi. Sementara 39 warga dikabarkan masih hilang imbas gempa berkekuatan magnitudo 5,6 tersebut.

BNPB juga mencatat sebanyak 2.064 orang mengalami luka-luka dan 62.000 orang harus mengungsi. Sebanyak 56.311 rumah warga dilaporkan rusak meliputi kerusakan ringan hingga berat.

(osc/osc)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER