Jokowi Siap Ajak Investor Keliling Proyek IKN Tahun Depan

tim | CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 06:42 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengajak para investor keliling proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 2023 untuk melihat kavling bangunan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengajak para investor keliling Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 2023 untuk melihat kavling bangunan. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengajak para investor keliling Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 2023 untuk melihat kavling bangunan.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai menghadiri Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI, Senin (28/11).

Saat ini, pembangunan IKN memang berfokus pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) alias kawasan 1A. Namun, Basuki mengklaim sudah banyak investor yang melirik pembangunan di kawasan 1B dan 1C.

"Jadi kita akan segera melakukan pekerjaan pembukaan jalan dan land development, kavling-kavling. Saya rencanakan kita kerjakan pada kuartal I (2023), sekarang sudah mulai tender. Januari mungkin sudah tanda tangan kontrak dan mulai kerja, sehingga nanti kuartal III Bapak Presiden sudah bisa membawa investor, sudah ditunjukkan tempatnya," katanya kepada wartawan.

Menurutnya, peningkatan minat investor terjadi setelah market sounding oleh Jokowi pada 18 Oktober 2022 lalu. Basuki menjelaskan calon investor tersebut kebanyakan dari dalam negeri, tapi ada juga investor asing.

Sebelumnya, Basuki menjelaskan dalam Raker bersama Komisi V DPR RI bahwa pihaknya sudah meminta dana tambahan Rp12,7 triliun untuk mempercepat pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Kami telah mengirimkan surat ke Menteri Keuangan Nomor KU 0101-Mn/2210 perihal usulan kebutuhan anggaran percepatan pembangunan IKN pada 2023 sebesar Rp12,7 triliun," imbuh Basuki dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V DPR RI, Senin (28/11).

Basuki merinci dana tersebut bakal digunakan untuk percepatan pembangunan jalan hingga hunian untuk ASN dan TNI-Polri di IKN. Di antaranya Rp9,4 triliun digelontorkan khusus untuk pembangunan hunian tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER