Zulhas Klaim Stok Pangan Nataru Aman, Tapi Mohon Maaf Harga Naik

CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 17:31 WIB
Mendag Zulhas menegaskan stok pangan dalam negeri untuk menyambut Nataru aman. Namun, sebagian harganya naik. Mendag Zulhas menegaskan stok pangan dalam negeri untuk menyambut Nataru aman. Namun, sebagian harganya naik. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan stok pangan dalam negeri untuk menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) aman. Namun, sejumlah harga pangan naik.

"Memang kita keliling terus. Kemarin ada harga naik itu dua, cabai dan bawang, yang lain masih stabil. Stok cukup untuk Nataru, tidak masalah. Persediaannya cukup, lebih malah," kata Zulhas kepada wartawan di The Westin Hotel Jakarta, Selasa (29/11).

Menurut Zulhas, musim hujan cukup mengganggu proses produksi cabai dan bawang. Pada saat bersamaan, kebutuhan dua bahan pangan tersebut tetap tinggi, sehingga terjadi kenaikan harga.

Meski begitu, Zulhas mengklaim kenaikan harga cabai dan bawang di pasar tidak sebombastis beberapa waktu lalu yang mencapai ratusan ribu rupiah per kg.

Berdasarkan data yang dikantonginya, cabai kini dihargai Rp40 ribu- Rp50 ribu per kg. Sedangkan bawang seharga Rp20 ribu hingga Rp30 ribu per kg.

"Nah, dua lagi (kenaikan harga) itu beras sama kedelai. Oleh karena itu, beras dari Bulog sudah menjamin harganya plus minus Rp9.000 per kg. Kalau (harga) beras Bulog dijamin tidak ada perubahan. Minyak goreng itu yang minyak curah atau Minyakita tidak ada perubahan, tetap harganya. Memang yang brand yang ada perubahan turun naik, tapi stok cukup," tegasnya.

Zulhas juga menyinggung soal harga telur ayam yang diklaim stabil. Namun, melansir hargapangan.id, Senin (28/11), rata-rata harga telur ayam ras segar terpantau naik sejak 18 November hingga 25 November 2022.

Rata-rata harga telur ayam pada 18 November dijual Rp31.100 per kg. Kemudian, harga itu naik menjadi Rp31.250 per kg pada 23 November. Hingga 25 November, harga telur ayam berada di level Rp31.250 per kg.

Dari semua provinsi, terpantau harga telur ayam ras segar termahal ada di Papua sebesar Rp40.100 per kg. Kemudian, harga telur ayam di Maluku sebesar Rp39 ribu per kg.

Sementara di DKI Jakarta, harga telur ayam terpantau rata-rata sebesar Rp28.850 per kg.

Tak hanya telur ayam, rata-rata harga nasional daging ayam ras segar juga naik dalam sepekan terakhir. Rata-rata daging ayam ras segar dibanderol Rp41.700 per kg pada Senin (28/11).

Harga daging ayam tertinggi ada di Nusa Tenggara Timur Rp47.350 per kg. Untuk harga terendah ada di Gorontalo Rp24.850 per kg. Sedangkan di Jakarta dan sekitarnya, harga daging ayam mencapai Rp35.650 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER