Kemenkeu Angkat Suara soal Subsidi Motor Listrik

tim | CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 17:56 WIB
Kementerian Keuangan masih membahas soal anggaran subsidi untuk pembelian kendaraan listrik tahun depan. Kementerian Keuangan masih membahas soal anggaran subsidi untuk pembelian kendaraan listrik tahun depan. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Keuangan masih membahas soal anggaran subsidi untuk pembelian kendaraan listrik tahun depan.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan rencana pemberian subsidi tersebut masih dalam tahap awal diskusi di internal pemerintah.

"Subsidi kendaraan listrik sedang didiskusikan," ujar Isa singkat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (1/12).

Menurutnya, belum diketahui berapa nilai subsidi yang akan diberikan karena masih melihat kesanggupan dari APBN sendiri. Selain itu, di kementerian atau lembaga mana pun nanti anggaran tersebut dialokasikan belum ditetapkan.

"Tunggu saja ya, masih dibicarakan," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan pemerintah berencana menyubsidi pembelian kendaraan listrik tahun depan.



Hal tersebut dilakukan demi mendorong daya beli masyarakat untuk memiliki mobil dan motor listrik.

Menurut Luhut, saat ini pemerintah tengah menyelesaikan skema subsidi sebesar Rp6,5 juta per pembelian sepeda motor listrik. Skema subsidi serupa juga sedang disiapkan untuk pembelian mobil listrik.

"Kalau mau tukar motor ke listrik tahun depan, ya. Nanti dapat subsidi," ujar Luhut dalam forum perbankan seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (30/11).

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER